Empat Titik Jalan Lingkungan di Kemayoran Ditinggikan Satpel Bina Marga

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satpel Bina Marga melakukan peninggian jalan lingkungan di wilayah Kelurahan Cempaka Baru dan Harapan Mulya. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam memberikan kenyamanan dan keamanan pengendara, Satuan Pelaksana (Satpel) Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat melakukan peninggian jalan lingkungan di wilayah Kelurahan Cempaka Baru dan Harapan Mulya.

Kepala Satuan Pelaksana Bina Marga Kecamatan Kemayoran Rumondang Tambunan mengatakan, peninggian jalan lingkungan (Jaling) ini berdasarkan usulan warga dalam Musrenbang 2019 dan 2020, diperkuat dengan surat warga terkait selesainya program normalisasi saluran, sehingga perlu peninggian permukaan jalan serta tutup plat saluran baru.

"Ada empat titik jalan lingkungan yang ditinggikan yakni, di Jalan Siaga Gang 3 dan 7 RW 03 Kelurahan Cempaka Baru serta, di Jalan Harapan Mulya 6 dan 7 RW 05 Kelurahan Harapan Mulya," terang Rumondang, Rabu (25/5).

Menurutnya, panjang dan lebar jalan lingkungan yang ditinggikan bervariasi mulai dari panjang 35 meter sampai dengan 147,8 meter sedangkan lebar dari 1,4 meter hingga  2,4 meter.

"Peninggian dengan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) 5 cm dan dilanjutkan dengan program pengaspalan jalan lingkungan 3 cm oleh Satgas Bina Marga Kecamatan yang diterjunkan sebanyak 12 orang, jelas Rumondang.

Pekerjaan peninggian jalan lingkungan, lanjutnya, sudah dilakukan sejak hari Rabu (12/5). Pekerjaan itu sendiri menggunakan alat plat compactor dan babby roller.

"Untuk peninggian menggunakan urugan RAP kemudian dipadatkan dilanjutkan dengan pengaspalan menggunakan hotmix," tandasnya.