Kenang Jasa Para Pahlawan, Pemkot  Ziarah ke Makam MH Thamrin dan Ismail Marzuki

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan ziarah ke makam Pahlawan MH Thamrin. Foto: Malik Maulana

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-495, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan MH Thamrin dan Ismail Marzuki, TPU Karet Bivak, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (15/6).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, ini merupakan wujud rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa-jasanya yang meletakan pondasi, sehingga bisa menikmati kemerdekaan dan kemajuan hingga saat ini.

"Karena kemerdekaan dan kenikmatan yang kita rasakan hari ini merupakan salah satu kontribusi yang telah diberikan para pendahulu kita, pahlawan nasional," katanya didampingi Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah. 

"Insya Allah kegiatan tabur bunga ini akan rutin dilaksanakan setiap menjelang HUT Kota Jakarta untuk mengenang perjuangan oleh para pendahulu kita khususnya MH Thamrin dan Ismail Marzuki," imbuhnya.

Dhany menjelaskan, pemilihan ziarah ke makam MH Thamrin dan Ismail Marzuki karena keduanya merupakan tokoh pahlawan yang berasal dari Jakarta Pusat.

"Dua tokoh nasional ini menjadi figur dengan perjalanan sejarah yang patut kita ikuti dan teladani, keduanya pun tinggal di Jakarta Pusat seperti MH Thamrin asli dari Sawah Besar dan Ismail Marzuki berasal dari Kwitang," jelasnya.

Dhany menuturkan dalam kegiatan ziarah yang juga didampingi keluarga MH Thamrin dan Ismail Marzuki dirinya sempat berbincang tentang perjalanan sejarah keduanya. Keluarga meluruskan sejarah yang sesungguhnya dari perjalanan MH Thamrin dan Ismail Marzuki terkait silsilah, pergerakan perjuangan hingga ke akhir hayatnya.

"Dari situ kita bisa memetik pelajaran atas perjalanan sejarah yang disampaikan sekaligus mungkin perlu adanya masukan meluruskan sejarah sesungguhnya. Nanti akan ditindak lanjuti dengan Forum Grup Discussion (FGD) untuk memberikan masukan-masukan, kemudian minimal sejarah sesuai kondisi yang sesungguhnya," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Dhany berharap dan mengajak warga Jakarta untuk memiliki tingkat kepedulian yang tinggi dalam menjaga, memelihara, dan terus mengembangkan kota Jakarta menjadi kota yang maju, membahagiakan, berskala internasional serta global.

"Yuk sama-sama kita berkontribusi dengan pemikiran, tindakan, inovasi-inovasi dengan pergerakan ke arah yang lebih baik lagi," ajaknya.

Sementara itu, Cucu Almarhum MH Thamrin Akbar Hasani berterima kasih kepada Pemkot Administrasi Jakarta Pusat yang telah rutin mengadakan ziarah kubur ini dalam rangka mengenang jasa-jasa kakeknya dan Ismail Marzuki.

"Terima kasih kepada Pemda DKI Jakarta, khususnya Wali Kota Jakarta Pusat telah rutin mengadakan ziarah ini.  Mudah-mudahan perjuangan kakek dan Ismail Marzuki dapat menjadi spirit untuk mengisi kemerdekaan Indonesia," ucapnya.

"Kepedulian pemda dan wali kota sudah cukup baik, mudah-mudahan ke depan akan ada dalam bentuk lainnya yang lebih komunikatif lagi dan lebih baik lagi," tutupnya.

Kegiatan Tabur Bunga yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB juga diikuti oleh para asisten, kepala bagian, Kepala Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), lurah dan camat se-Jakarta Pusat.