Pasukan Pelangi dan Kostrad Bersih-bersih Trotoar Sepanjang Jalan Medan Merdeka

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih trotoar. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memimpin kegiatan bersih-bersih trotoar, di sepanjang kawasan Jalan Medan Merdeka, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jumat (4/11) malam.

Sebelum trotoar dibersihkan, ratusan pasukan pelangi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama pasukan Kostrad mengikuti apel bersama di Monas.

Dhany Sukma mengatakan, pihaknya kembali mengerahkan ratusan personel gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Sudin Perhubungan, Lingkungan Hidup, PPSU, Gulkarmat, Bina Marga, Sumber Daya Air, Pertamanan dan Hutan Kota, serta Kostrad untuk mengikuti kegiatan bersih-bersih trotoar di kawasan Jalan Medan Merdeka.

"Bersih-bersih trotoar yang digelar malam ini merupakan hari kedua setelah kegiatan serupa dilaksanakan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, dimulai dari istana hingga Patung Pemuda," ujar Dhany.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Bersihkan Trotoar Sudirman-Thamrin

Malam Ini Pemkot Jakpus Akan Bersih-Bersih Trotoar

Ia memaparkan, kegiatan pembersihan trotoar hari kedua difokuskan mulai dari Istana Presiden ke Jalan Medan Merdeka Barat, Selatan, Timur hingga  ke Masjid Istiqlal, jalur Gereja Katedral berlanjut  menuju ke arah Harmoni.

"Kegiatan bersih-bersih trotoar ini merupakan salah satu upaya memelihara kota yang kita cintai," paparnya.

Dhany mengungkapkan, Jakarta Pusat merupakan pusatnya ibu kota yang menjadi pantauan seluruh dunia, Sebab, perwakilan kantor negara sahabat, perwakilan tiap provinsi berada di Jakarta Pusat.

"Apapun yang terjadi di Jakarta Pusat, maka akan terinformasi ke seluruh dunia. Kami juga berkolaborasi dengan pasukan Kostrad yang turut serta dalam kegiatan bersih-bersih trotoar malam ini," ungkapnya.

Dhany juga mengingatkan, personel gabungan lebih berhati-hati saat menunaikan tugas pembersihan trotoar di sepanjang kawasan Medan Merdeka, walaupun kondisi kendaraan bermotor yang melintas pada malam hari lebih lenggang.

"Saya meminta petugas Sudin Perhubungan Jakarta Pusat mengatur arus lalu lintas di kawasan Jalan Medan Merdeka dan membuat pembatas sehingga ratusan personel gabungan bekerja maksimal membersihkan trotoar," tuturnya.

Wali kota juga mengajak ratusan personel gabungan yang terlibat dalam giat bersih-bersih trotoar dapat menunaikan tugas secara ikhlas, tanggung jawab dan bahagia telah berkontribusi memelihara Kota Jakarta Pusat.

"Harapannya dengan jumlah personel hampir 1.000 orang, pembersihan trotoar di kawasan Jalan Medan Merdeka tuntas," tambahnya.

Untuk diketahui, usai apel Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma hadir memantau giat pembersihan trotoar di kawasan Jalan Medan Merdeka.