Pembangunan Penataan Tahan 2 Pemukiman di Tanah Tinggi Dimulai

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Kick off pembangunan rumah di Jalan Tanah Tinggi. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri kick off pembangunan rumah dalam Bebenah Kampung, di Jalan Tanah Tinggi XII RT 05 RW 012, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru. Jakarta Pusat, Rabu, (6/11).

Pada kick off  tersebut dilakukan pembongkaran rumah oleh kurang lebih 30 orang Yayasan Buddha Tzu Chi yang dibantu PPSU Kelurahan Tanah Tinggi. Ini merupakan tahap 2 yang sebelumnya pencanangan telah dilakukan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Setelah ini alat berat akan masuk. 

Baca Juga: 

Pj Gubernur dan Wali Kota Serahkan Kunci Rumah Dalam Program Bebenah Kampung

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat  Dhany Sukma mengatakan, ini merupakan salah satu upaya konkrit dalam mengatasi masalah lingkungan masyarakat yang masuk kategori kumuh berat.

"RW 012 di Kelurahan Tanah Tinggi ini masuk kategori kumuh berat, jika ini diintervensi untuk ditata kembali akan mengurangi kawasan kumuh berat di Jakarta Pusat," ujar Dhany

Menurutnya ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar stakeholder untuk mengurangi masalah sosial di lingkungan padat penduduk.

"Semakin banyak kita melakukan intervensi di lingkungan padat pemukiman menjadi lebih baik semoga akan berdampak kepada kesehatan masyarakat yang lebih baik," imbuhnya.

Nanti, lanjut Dhany, lahan seluas 112 m² ini akan dibangun gedung dengan fasilitas empat lantai, terdiri dari delapan hunian layak yang akan ditempati oleh 12 KK. Rencananya proses pembagunan akan dilakukan selama 7 bulan ke depan.