Raih Penghargaan Penataan Kawasan, Kelurahan Kampung Bali Gelar Tasyakuran

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Tasyakuran penataan kawasan tingkat kelurahan tahun 2023. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Kampung Bali merupakan kelurahan terbaik mewakili Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam rangka kegiatan penataan kawasan tingkat kelurahan tahun 2023.

Atas penerimaan penghargaan tersebut, jajaran Kelurahan Kampung Bali mengundang para UKPD pembantu lainnya serta CSR yang terlibat melaksanakan tasyakuran, di Pos RW 03, Jalan Hasbi, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Camat Tanah Dicky Suherlan dalam sambutannya menjelaskan, penataan kawasan unggulan ini setiap kelurahan memilih lokasi dengan kondisi yang kurang baik, setelah itu melakukan intervensi terhadap berbagai stakeholder pendukung untuk sama-sama berjibaku menjadikan kawasan tersebut menjadi lebih baik.

Selain itu, lanjutnya, ada pula semangat dari warga yang dimotori Ketua RW 03 untuk ikut serta menata kawasan lingkungannya, yang awalnya tidak terlihat, kini menjadi sorotan.

“Kelurahan Kampung Bali memilih RW 03 dengan kondisi pinggir kali yang tidak terjamah penataan sebelum-sebelumnya, semangatnya masyarakat dibantu para stakeholder, jadilah kawasan ini yang terbaik,” ujarnya.

Setelah ini semua diraih, menurut Dicky, dapat menjaga keindahan yang telah ada inilah yang agak sulit.

“Kita titipkan kepada warga masyarakat selain pemanfaatan tentunya juga pemeliharaannya, kita sampaikan ke Pak RW minta tolong untuk dijaga kawasan ini dalam kondisi baik,” tuturnya. 

Sementara itu, Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty menjelaskan, untuk total panjang penataan kawasan unggulan ini sebanyak 255 meter dengan rincian sisi kanan 120 meter, dan kiri 135 meter.

Dia menambahkan, SKPD terkait yang membantu antara lain ada dari SDA, Bina Marga, Perumahan, KPKP, Lingkungan Hidup, dan Sudin Pusip yang membantu pembuatan rak serta penyediaan bahan bacaan bagi warga.

“Selain SKPD, ada 12 CSR yang ikut membantu, antara lain ada Sinar Mas, Bank BRI Tanah Abang, Adhimix, dan lain-lain. Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada para CSR, tadi sekalian kita berikan piagam penghargaan kepada para perwakilan CSR yang datang, semoga kerja sama ini terus berlanjut pada kegiatan lainnya, terlebih penataan kawasan unggulan fase kedua,” tutupnya.