Kecamatan Tanah Abang Hasilkan 223 Usulan Pra Musrenbang

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Musrenbang kecamatan terintegrasi kelurahan tahun 2024 di Kecamatan Tanah Abang. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Setelah menyelesaikan Pra Musrenbang Tingkat Kelurahan Tahun 2024 di bulan Januari lalu yang diikuti oleh para ketua RW di masing-masing wilayah, tahap selanjutnya ialah sidang kelompok tingkat kelurahan.

Sidang kelompok tingkat kelurahan ini diawali pembukaan sidang pleno musrenbang kecamatan terintegrasi kelurahan tahun 2024 yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Tanah Abang, Senin (26/2).

Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany menjelaskan, pembukaan musrenbang kecamatan ini serentak hari ini dilaksanakan, dengan dipimpin Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma secara daring dari Kantor Kecamatan Senen.

Secara umum, lanjut Denny, usulannya hampir sama dari tahun ke tahun, yang menjadi primadona yaitu usulan fisik atau infrastruktur.

“Banyak usulan seperti perbaikan jalan, saluran air, ataupun pengadaan sarana olahraga, secara umum akan terakomodir karena ini kan sudah melewati seleksi di jenjang pra musrenbang atau rembuk RW,” ujarnya.

“Kalau saya selalu mengunggah kepada masyarakat untuk membuat terobosan dalam setiap usulan, kan kalau kita mau ke kantor kecamatan Tanah Abang ini selalu kena macet, putarannya adanya di kolong, coba dipikirin untuk terobosan seumpama penyatuan flyover sehingga puteran adanya di atas, nah itu kan contoh aja, jadi gaungnya dapat,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan menambahkan, untuk jumlah usulan yang diterima pada tahun 2024 ini sebanyak 223 usulan dengan anggaran sekitar 75 miliar.

"Dari 223 usulan itu memiliki rincian usulan fisik 144 usulan dan barang 79 usulan. Untuk usulan fisik ditujukan kepada sudin Bina Marga, SDA, Perumahan, perhubungan, serta sudin pemuda dan olahraga, sedangkan usulan barang itu untuk Sudin Sosial, Pemuda dan Olahraga, Sudin Pendidikan, selanjutnya Sudin Kebudayaan dan juga Pusip,” katanya.

Setelah ini, kata Dicky, selanjutnya sidang kelompok yang akan dilaksanakan mulai besok (27/2) dan direncanakan selesai pada 5 Maret mendatang.

“Nantinya untuk penutupan sidang pleno tingkat Kecamatan akan dilaksanakan pada 6 Maret mendatang pukul 09.00 WIB,” tutupnya.