Sekko Buka Aksi I Konvergensi Penurunan Stunting

Reporter: Andre | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin. Foto: Andre

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin membuka rapat koordinasi (rakor) aksi I konvergensi penurunan stunting, di Ruang Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (14/3).

Iqbal mengatakan, aksi I konvergensi penurunan stunting ini meliputi analisis, pemetaan, dan situasi program pencegahan serta penurunan stunting. Aksi ini merupakan proses untuk mengindentifikasi sebaran evaluasi stunting di Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Tujuan aksi ini tentu untuk membantu kita semua dalam menentukan program kegiatan yang diprioritaskan lokasinya dan mempercepat upaya perbaikan manajemen layanan untuk meningkatkan akses rumah tangga pada 1.000 hari pertama kehidupan," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, peran serta lembang maupun dunia usaha sangat berperan dalam mengintervensi stunting dan harus ada komposisi yang ideal baik untuk stunting, underweight (gizi kurang), dan wasting (kurus).

"Kita juga menghadirkan narasumber yang berkompeten dan saya meminta untuk mengikuti aksi I konvergensi stunting dengan serius," imbaunya.

Pada aksi I yang diinisiasi Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat tersebut menghadirkan narasumber Subkontraktor Kesehatan Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri Arifin Effendi Hutagalung.

Diikuti para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), perwakilan puskesmas kecamatan, perwakilan kecamatan, dan kelurahan.