Sudinsos Jakpus Jadi Objek Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Aspem melakukan pengecekan administrasi Sudinsos. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Organisasi Perangkat Daerah (ODP) bidang pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan penilaian dan evaluasi kinerja pelayanan publik Suku Dinas Sosial (Sudinsos) di Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (12/11). 

Evaluasi pelayanan publik itu dipimpin Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany didampingi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Pusat Ishran Prasetyawan, dan Kepala Bagian Kepegawaian, Ketatalaksanaan, dan Pelayanan Publik Munjir Munaji.

Aspem mengatakan, kemarin Senin (10/6) OPD telah melakukan penilaian di RSUD Cempaka Putih, kini giliran Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat yang masuk dalam pemantauan dan evaluasi kinerja pelayanan publik. 

"Penilaian terdiri dari tiga kategori yaitu, penilaian yang dilakukan langsung dari Tim Kemenpan RB, kemudian ada juga penilaian langsung yang dilakukan oleh OPD bersangkutan, dan ada juga penilaian yang dilakukan oleh masyarakat," katanya.

"Nah ini yang sedang kita lakukan penilaian secara mandiri oleh OPD yang bersangkutan namun, bukan berarti kita bisa seenaknya dalam menilai, tetap ada standarisasinya, di mana nanti hasil ini pun akan masuk ke website Kemenpan RB selanjutnya akan diverifikasi oleh tim Kemenpan RB terkait betul atau tidaknya,” imbuhnya.

Baca Juga: 

RSUD Cempaka Putih Masuk Dalam Unit Layanan Evaluasi

Menurut Denny, pasti ada catatan khusus untuk perbaikan dan kebaikan ke depannya, paling tidak dari segi profesional pegawainya. “Jadi kita periksa mulai dari maklumat pelayanan, standar pelayanan hingga mekanisme pelayanan itu yang menjadi poin kita,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam mengucap syukur terkait diperolehnya nilai prima dari evaluasi pelayanan sosial tahun 2024 ini.

“Untuk persiapan yang dilakukan yaitu, tentunya kita bersama rekan lainnya di Sudinsos menyiapkan data-data untuk diinput sebagai bahan penilaian. Kita juga mendapatkan beberapa catatan yang mesti diperbaiki, itu akan kita kumpulkan dan ke depannya akan diperbaiki agar makin memberikan pelayanan maksimal,” tutupnya.