Wali Kota Jakpus Ikut Monitoring PSN di RW 03 Bungur

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wali kota bersama kader Jumantik melakukan pemantauan jentik nyamuk. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Berbekal senter kecil di tangannya, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama para kader Jumantik Kelurahan Bungur berkeliling rumah warga untuk mengecek keberadaan jentik nyamuk.

Dhany mengatakan, untuk di Kelurahan Bungur ini angka bebas jentiknya cukup tinggi yakni, dikisaran 98-99 persen.

“Angka 98-99 persen tersebut artinya tidak ditemukan jentik nyamuk, dampaknya secara kasus tidak ditemukan DBD di lokasi ini. Tadi kita sampling di dua rumah, alhamdulillah semua aman dari jentik nyamuk,” katanya, Jumat (16/2). 

Memasuki musim penghujan, Dhany Sukma juga berpesan untuk memperhatikan wadah-wadah yang berpotensi adanya genangan karena nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak di tempat yang jernih.

Atas dasar hal itu, Dhany mengajak para warga untuk melakukan pemantauan jentik secara mandiri, baik itu di rumah, tempat ibadah, ruang perkantoran, atau tempat olahraga.

“Setetes air yang menggenang dapat mengembangbiakan nyamuk, dan yang menjadi fokus kita yaitu, Aedes Aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit DBD. Mari jaga lingkungan kita semua agar selalu terhindar dari penyakit DBD,” tutupnya.