Irwandi Minta Warga Galur Bersama Kerja Bakti Bersihkan Saluran PHB

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meninjau gerebek lumpur di Kali Sentiong. Foto: Cindy PKL

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta kepada warga Galur untuk ikut melakukan kerja bakti membersihkan saluran penghubung atau PHB.

Hal ini diungkapkannya usai memonitor gerebek lumpur di Kali Sentiong, Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (3/10).

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Kebut Pengerukan Lumpur

Menurutnya, warga dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah Galur harus bekerja sama menjaga kebersihan saluran PHB agar lancar.

"Hari ini kita koordinasi dengan wilayah, kelurahan RT/RW, LMK, FKDM, saya minta semua kerja bakti bersihkan saluran PHB. Jangan sampai ada warga yang santai-santai karena sudah nggak ada banjir di sini," ungkapnya.

Baca Juga: 

Sebanyak 21.000 Meter Kubik Lumpur di Kali Sentiong Berhasil Dikeruk 

Irwandi mengatakan, intensifnya gerebek lumpur yang dilakukan di Kali Sentiong tahun lalu, sukses menghalau banjir di wilayah Galur. Sehingga, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengharapkan tahun ini wilayah Galur kembali aman dari genangan.

"Mempertahankan ini yang sulit, tapi tetap kita akan lakukan gerebek lumpur tiap minggu. Minggu ini di Kelurahan Galur, minggu depan di Kelurahan Kampung Rawa," ungkapnya.

Baca Juga: 

Tangani Genangan, Pemkot Jakpus Prioritaskan Lima Lokasi Kelurahan

Selain itu, lanjut Irwandi, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga tengah mempercepat proses pengerukan lumpur. Ditargetkan akhir Oktober sampai pertengahan November, pengerukan lumpur selesai dilakukan. Seluruh eskavator di wilayah Jakpus diturunkan guna mempercepat proses pengerukan.

"Jadi kalau nanti di Galur ini selesai, kita akan teruskan ke Kemayoran. Terus kita keruk sampai Kali Item. Kalau di situ sudah mulai jalan pengerukan Insya Allah nggak ada banjir," tandasnya.