Lepas Kontingen Pencak Silat, Wali Kota: Kekuatan Mental dan Fokus Hal Utama

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma secara resmi melepas 41 orang kontingen Pencak Silat Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma secara resmi melepas 41 orang yang terdiri dari 28 atlet, 8 pelatih, dan 5 official kontingen Pencak Silat untuk berlaga di kejuaraan tingkat provinsi.

Pelepasan tersebut berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Minggu (26/6).

Baca Juga: 

Wali Kota Dukung Atlet Pencak Silat  Ikuti Kejurda Gubernur Cup

Dalam sambutannya Dhany Sukma menunjukkan sikap optimisnya bahwa para atlet Jakarta Pusat yang akan bertanding pada tanggal 27-29 Juni 2022 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro nanti dapat membuktikan kemampuannya di tingkat provinsi.

"Saya yakin dan percaya, para atlet mampu menampilkan yg terbaik," ujar Dhany disambut tepuk tangan para peserta upacara.

Dhany juga mengimbau agar para atlet bukan hanya mengutamakan kemampuan teknis, tapi juga didukung oleh kekuatan mental dan fokus yang merupakan hal utama. Karena tanpa dukungan kedua hal tersebut, performa yang ditampilkan tidak akan maksimal.

“Saya yakin persoalan pertandingan bukan hanya persoalan teknis, tapi juga menyangkut mental dan fokus. Teknik bagus tapi kita tidak fokus ini juga tidak akan optimal,” katanya. 

"Untuk itu, saya meminta kepada para atlet kita tetap fokus, kemampuan teknis yang sudah dimiliki sudah teruji pada saat kita melakukan turnamen di Tingkat Kota Jakarta Pusat," imbaunya.

Wali kota juga mengucapkan selamat bertanding kepada para altet. Ia pun berharap para atlet kontingen Jakarta Pusat dapat berbicara banyak di tingkat provinsi, bahkan dapat menembus tingkat nasional hingga tingkat internasional.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Pusat H Makmur mengatakan, terdapat dua kategori yang akan dipertandingkan dalam kejuaraan ini, yaitu kategori tanding dan kategori seni bela diri.

Senada dengan wali kota, Makmur berharap agar kontingen Jakarta Pusat dapat memberikan yang terbaik. "Kita selalu memberikan motivasi dan selalu mengingatkan kepada anak anak untuk terus berlatih secara teratur untuk mendapat yang terbaik," pungkasnya.