Pemkot Jakpus Pasang Plang Aset di Cempaka Putih

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemasangan plang aset milik Pemerintah Daerah (Pemda) di Jalan Rawasari Barat 9/A3, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Rabu (26/1). Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan pemasangan plang aset milik Pemerintah Daerah (Pemda) di Jalan Rawasari Barat 9/A3, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Rabu (26/1).

Kepala Suku Badan Pengelolaan Aset Daerah Kota Administrasi Jakarta Pusat Faisal Syafrudin menjelaskan, lahan tersebut tercatat sebagai aset Pemda sesuai dengan barang yang tercatat dalam Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta. "Karena ini aset Pemda sesuai Undang Undang (UU) maka kita amankan," tegasnya.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpsu Bangun Urban Farming di Lahan Aset Pemda

Faisal menuturkan pemasangan plang ini dilakukan secara persuasif demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ia pun mengingatkan jika setelah pemasangan plang ini ada yang mengklaim kepemilikan lahan tersebut maka diselesaikan secara perundang-undangan.

"Kami berharap kepada pihak yang mengklaim segera melakukan proses hukum terhadap yang mereka inginkan. Pemprov DKI Jakarta siap melayaninya dan kami berharap bisa diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat," imbuhnya.

Baca Juga: 

Terdampak Proyek Tol Semanan-Sunter, Sekko Tinjau Aset Pemprov DKI Jakarta

Faisal menerangkan, nantinya lahan sekitar 1.200 meter persegi tersebut akan digunakan untuk kegiatan masyarakat.

"Kemarin sudah kita rencanakan dengan dinas olah raga untuk dijadikan sarana olah raga. Nantinya kalau sudah kondusif dan aset sudah kita kuasai kemungkinan dari SKPD lain bisa memanfaatkan hal itu untuk digunakan masyarakat setempat," jelasnya.

Baca Juga: 

Suban Aset Jakpus Serahkan Sertifikat Tanah Milik Pemprov

Meski sempat mendapat penolakan dari warga yang mengklaim sebagai pemilik dan penjaga lahan tersebut, pemasangan plang yang melibatkan beberapa SKPD terkait seperti, Muspika Kecamatan Cempaka Putih, Satpol PP, Polri, TNI, PPSU, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta pusat berjalan lancar dan kondusif.