Sudin KPKP Periksa Kesehatan 345 Hewan Kurban di Wilayah Kecamatan Cempaka Putih

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Periksaan hewan kurban. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 345 ekor hewan kurban di wilayah Kecamatan Cempaka Putih, Selasa (5/7).

Kepala Satuan Pelaksana KPKP Kecamatan Cempaka Putih Hasmauna mengatakan, sebanyak sembilan tempat penampungan hewan kurban yang tersebar di tiga kelurahan telah disambangi tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Semua hewan yang diperiksa terdiri dari 307 ekor kambing, 29 ekor domba, dan 9 ekor sapi, semua hewan dalam keadaan sehat dan tidak bergejala Penyakit Kuku dan Mulut (PMK)," katanya saat dikonfirmasi.

Baca Juga:

Sudin KPKP Monitor 2.202 Hewan Kurban

Sudin KPKP Periksa 240 Kambing dan 70 Sapi di Pusat Penjualan Hewan Kurban Kemayoran

Sudin KPKP Periksa Tempat Penampungan Hewan Kurban di Gunung Sahari Utara

Hasmauna menjelaskan, pemeriksaan meliputi kondisi kesehatan, umur dan tidak mengalami cacat. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat.

"Kambing kita berikan vitamin melalui PKH Sudin KPKP Jakarta Pusat  bekerja sama dengan para lurah, Satpol PP, para Kasie Ekbang kelurahan masing-masing," jelasnya.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan terus dilakukan bersama pihak kelurahan dan Kecamatan Cempaka Putih apabila ada lokasi penampungan hewan yang baru.

"Kami dari Sudin KPKP Jakarta Pusat bersama pihak kelurahan-kecamatan kami siap selalu untuk mengawasi bersama demi keamanan pangan di wilayah Cempaka Putih dari PMK," tandasnya.