30 Siswa PAUD Diajarkan Cara Bertanam Konvensional

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Panen pakcoy di Taman Urban Farming Dahlia RW 07, Kelurahan Cempaka Putih Barat. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengajarkan cara bertanam konvensional yang dikuti 30 siswa-siswi PAUD Dahlia 07, di Taman Urban Farming Dahlia RW 07, Jalan Percetakan Negara Gang Kabel Bawah No.8, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jumat (11/8). 

Pada kegiatan tersebut juga turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah. 

Ucu mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat karena mengajarkan siswa-siswi PAUD cara menanam benih pakcoy secara konvensional dengan bertujuan agar rasa kecintaan anak terhadap lingkungan tumbuh sedini mungkin. 

“Dengan membiasakan mengajarkan menanam meskipun di lahan terbatas ini kami yakin dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan terhadap anak sedini mungkin,” imbuhnya.

Baca Juga: 

Ketua TP PKK Jakpus Tinjau PSN dan Jumpa Anak PAUD di RPTRA Gondangdia

Sudin KPKP Kenalkan Siswa PAUD Cara Bertani di RPTRA Ceria Rawasari

Siswa PAUD Ikut Field Trip di RW 03 Cempaka Putih Timur 

Menurut Ucu, menanam merupakan kebiasaan positif dan memberikan contoh yang baik. Setelah menanam, satu bulan ke depan anak-anak akan kembali datang untuk memanen apa yang telah ditanam.

“Dengan menanam, anak-anak akan paham awal mula sayuran yang mereka makan itu ada prosesnya,” imbuhnya. 

Usai menanam dengan para siswa PAUD, Ucu Jamilah juga memanen sayuran pakcoy dan samhong. “Kita hari ini juga panen 5 kilogram pakcoy dan 5 kilogram samhong, hasil panen kita bagikan ke warga sekitar,” pungkasnya.