Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global Sambut Pergantian Tahun 2024

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat menghadiri konferensi pers perayaan Malam Tahun Baru. Foto: ist

Dalam rangka menyambut Tahun Baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan berbagai acara menarik bertema ‘Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global’ pada 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Acara ini dihadirkan untuk seluruh warga yang ingin menikmati malam pergantian tahun di Jakarta. Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin dan puncak perayaan pergantian tahun di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia dengan menampilkan artis-artis ibu kota. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, malam muda-mudi yang diadakan provinsi berada di wilayah Jakarta Pusat sehingga pemerintah kota (pemkot) akan mendukung sepenuhnya demi kelancaran pelaksanaan. 

Sebelumnya, lanjut Dhany, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat sudah berkonsolidasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko), Dandim, Kapolres, dan Kejari agar kegiatan berjalan kondusif. 

"Aktivitas di malam itu sudah kita antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi. Kemudian dari sisi penggerakan masyarakat sudah kita konsolidasikan dengan lembaga kemasyarakatan untuk sama-sama menjaga khususnya di Jakarta Pusat," katanya saat menghadiri konferensi pers Perayaan Malam Tahun Baru, di Ganara Art, lantai 6, Plaza Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (22/12). 

Pasca acara, lanjut Dhany, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pasukan kebersihan untuk bersama menjaga kebersihan khususnya di Jakarta Pusat. 

"Mungkin dukungan-dukungan itu yang kita lakukan, dan untuk di setiap panggung akan ada penanggung jawab yang akan memantau dalam mengantisipasi kemungkinan yang mungkin saja terjadi," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menambahkan, acara ini mengusung konsep car free night, warga akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan 10 IP-Based Character Jakarta yaitu, Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Selain itu, penampilan beragam genre musik, pertunjukan humanoid (manusia patung), serta ragam kegiatan kesenian lainnya juga akan dihadirkan di lokasi panggung hiburan di beberapa titik. Berbagai sinergi dengan para stakeholder turut dilakukan seperti, Cityvision, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para stakeholder terkait untuk mendukung kesuksesan acara perayaan malam tahun baru.

Dia mengatakan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 31 Desember ditiadakan dan digantikan dengan Jakarta Car Free Night dengan penutupan jalan secara bertahap.

"Kami sudah menyiapkan 24 titik lokasi parkir yang tersebar di sepanjang area kegiatan. Jalan yang ditutup mulai dari Bundaran Patung Kuda sampai Bundaran Senayan. Namun, untuk menyukseskan acara ini, semua akses yang akan menuju ke jalan tersebut akan ditutup dan bersifat situasional," ujar Syafrin.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta Heri Purnama mengatakan, terdapat 1.265 personel gabungan Satpol PP DKI Jakarta disiagakan di 53 titik lokasi pengamanan dan 11 lokasi panggung hiburan. Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi gangguan pelanggaran ketenteraman dan ketertiban umum, pengamanan acara di sekitar panggung, serta membantu penyekatan atau pengaturan kendaraan bermotor.