Olahan Pangan Lokal Jadi Pelatihan Diversifikasi Hasil Pertanian di RPTRA Hati Suci

Reporter: Hanny Octavian/Magang  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan diversifikasi pengolahan hasil pertanian di RPTRA Hati Suci. Foto: Vhatra

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menyelenggarakan Pelatihan diversifikasi pengolahan hasil pertanian yang kini berlangsung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Hati Suci, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (25/7). 

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, olahan yang diutamakan adalah bahan pangan lokal dan berharap ini bisa menjadi satu peluang usaha penurunan stunting atau tengkes. 

“Kami mengangkat pangan lokal menjadi makanan unggulan yang bergizi dengan keanekaragaman sajiannya. Diharapkan juga bisa menjadi peluang usaha baru bagi yang belum bergabung di Jakpreneur, dan untuk yang sudah bergabung bisa meningkatkan nilai jual dengan inovasi dan modifikasi. Juga untuk konvergensi penurunan stunting. di sinilah peran pemerintah untuk melayani dan menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Penty juga menambahkan bahwa para peserta diberikan stimulan berupa peralatan memasak.

“Para peserta juga mendapat stimulan berupa peralatan seperti mixer, kompor portable, dan juga parutan listrik. Mudah-mudahan ini menjadi satu pendorong untuk para ibu agar bisa berdaya, bermanfaat bagi keluarga, dan masyarakat pada umumnya," harapnya. 

Baca Juga:

RPTRA Amir Hamzah Jadi Tempat Pelatihan Diverifikasi Pengelolaan Hasil Pertanian

Sudin KPKP Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Pertanian di RPTRA Pandawa

Diversifikasi olahan hasil pertanian di RPTRA Hati Suci ini dilaksanakan untuk dua kecamatan yaitu, Gambir dan Tanah Abang. Total peserta yang ikut dalam pelatihan ini berjumlah 30 orang dengan masing-masing kecamatan sebanyak 15 peserta. 

Untuk diketahui, pelatihan diversifikasi ini diselenggarakan di empat tempat, yang mana sudah diselenggarakan di RPTRA Pandawa, RPTRA Amir Hamzah. selanjutnya pada tanggal 27 Juli 2023 akan dilaksanakan acara yang serupa di RPTRA Sahara, berlokasi di Kecamatan Sawah Besar. 

Dalam acara pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian ini mendatangkan narasumber dari Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI), Association of Culinary Professionals (ACP). 

Dengan bahan-bahan pangan yang diberikan seperti buah-buahan, terigu, telur, dan lain sebagainya, para peserta akan diajarkan untuk mengolahnya menjadi sajian makanan berupa bolu (Bolu Jakarta, Bolu Pisang, dan Mocktail Nanas (Monas) oleh salah satu Chef dari Association of Culinary Professionals (ACP). 

Turut dihadiri oleh Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indriyani Utami dan Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty.