Sudin Nakertransgi Jakpus Menggelar Bimtek Audit Energi Bagi PJLP di Lima Wilayah Kota dan Kabupaten

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Bimtek Audit Energi. Foto: Dwi Arif

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Sudin Nakertransgi) menggelar bimbingan teknis (bimtek) Audit Energi Pada Bangunan Gedung Pemerintah Daerah. 

Bimtek ini diikuti 32 peserta dari seluruh PJLP di lima wilayah kota dan satu kabupaten Provinsi DKI Jakarta, di Ruang Pertemuan Sudin Pendidikan JP I, Blok C, Lantai 5, Kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Pusat Jalan, Tanah Abang I, Gambir, Kamis (21/8). 

Plt Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, nantinya para 32 peserta akan dilatih cara audit energi pada bangunan gedung pemerintah daerah. 

"Nantinya para peserta diberikan pengetahuan tentang bagaimana pengukuran cahaya, luas ruangan, intalasi kelistrikan, konsumsi listrik, peralatan, dan lain sebagainya," kata Andono. 

Menurutnya, adanya audit energi untuk dapat mengetahui konsumsi energinya dan cara penghematan energi di gedung pemerintah daerah. 

"Hasil audit nanti akan diidentifikasi mana bagian yang bisa dilakukan penghematan energinya. Apakah itu dari pengaturan suhu ruangan, pencahayaan, maupun intalasi. Sehingga bisa menentukan di area mana saja yang dapat dilakukan penghematan," jelasnya. 

"Saat ini audit energi akan dilakukan di tiap gedung kelurahan, kecamatan, dan kantor wali kota hingga nanti bakal menyasar ke gedung swasta," imbuhnya. 

Baca Juga: 

Sudin Nakertransgi Gelar Sosialisasi Audit Energi Pada Bangunan Gedung Pemerintah

Sudin Nakertransgi Gelar Sosialisasi Aturan PLTD Bagi 164 Pengelola Gedung

Sementara itu, Plt Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Noviar Dinaryanti menambahkan, bimtek akan berlangsung selama 1 hari dan nanti langsung praktik di kantor Kelurahan Rawasari. 

Bimtek ini, kata Noviar, terselenggara berkat kolaborasi antara Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dinas Nakertransgi Provinsi DKI Jakarta, dan Kementrian ESDM, serta dukungan Sudin Nakertransgi di lima wilayah kota, dan satu kabupaten. 

"Tujuan Bintek untuk memberikan pengenalan tingkat audit energi, teknis pengukuran pengambilan data pencahayaan, temparatur, teknis penggunaan alat, dan teknis pengisian formulir audit energi," Noviar menerangkan didampingi, Kepala Seksi Energi Suku Dinas Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Bambang Prayitno.