TP PKK Mangga Dua Selatan Berikan Makanan Tambahan Kepada 17 Anak

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian makanan tambahan di RPTRA Madusela. Foto Malik Maulana

Tim Penggerak Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Mangga Dua Selatan mengadakan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi 17 anak dalam rangka pengentasan tengkes atau stunting, di RPTRA Madusela, Jalan Mangga Besar XIII No.11A, RT 002/003, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

Ketua TP PKK Kecamatan Sawah Besar Ava Dhina Widiyawati mengatakan, program pemberian makan tambahan (PMT) ini merupakan inisiasi TP PKK Kelurahan Mangga Dua Selatan bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan selama 56 hari.

"Kita lakukan PMT kepada 17 anak selama 56 hari berkerja sama dengan CSR yang saat ini sudah berjalan 54 hari," kata Ava.

Menurut Ava, selama program ini berjalan tumbuh kembang anak yang diintervensi terus dipantau oleh kader posyandu kelurahan dan puskesmas kecamatan yang secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap anak-anak itu.

"Sejauh ini, alhamdulillah ada kenaikan pada berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan pada anak yang diintervensi," ujarnya.

"Setiap hari Sabtu dan Minggu kita pantau melalui kader posyandu dan puskesmas keliling untuk melakukan pemeriksaan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Mangga Dua Selatan Tamia Eka Pradieta menambahkan, pihaknya menggandeng posyandu dalam menyiapkan menu makanan yang akan diberikan.

"Menu-menunya itu ada ikan, daging sesuai dengan standar dari posyandu tanpa tambahan penyedap makanan jadi hanya pakai garam saja," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Sawah Besar Dedi Santosa menyatakan, dari total 55 anak yang terindikasi tengkes atau stunting setelah dilakukan intervensi kini berkurang menjadi 17 anak.

"Intervensi ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak, dari total 55 anak yang terindikasi stunting berkurang menjadi 17 anak. Mudah-mudahan kedepannya tidak ada lagi anak-anak yang terindikasi stunting khususnya di Kelurahan Mangga Dua Selatan," harapnya.