Gubernur DKI Jakarta Resmikan Gerai Mobil Vaksin Keliling

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan gerai mobil vaksin keliling di Pasar Senen. Foto: Danar Pusung

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat meresmikan gerai mobil vaksin keliling, di Pasar Senen, Rabu (7/7). 

Peresmian ini juga dihadiri, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Ketua Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Asri Agung.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta berterima kasih kepada para pihak yang sudah ikut mendukung adanya vaksinasi keliling di wilayah DKI Jakarta.

“Saat ini, total mobil vaksin keliling yang ada di DKI Jakarta adalah 16 mobil vaksin, yang merupakan hasil kolaborasi dari TNI, Polda, Kemendikbud, Aprindo, Apindo, Hipindo, Kadin, dan PT Magenta Media Tama,” ujar Anies.

Menurut Anies, nantinya mobil vaksin keliling tersebut akan mendatangi wilayah permukiman warga sehingga bisa mengatasi warga yang mempunyai kendala untuk datang ke sentra vaksinasi.

“Mobil vaksin keliling ini bisa dipakai warga DKI yang ingin wilayahnya didatangi untuk melaksanakan vaksinasi, caranya adalah lewat aplikasi JAKI,” terang Anies.

Selain itu, lanjutnya, bagi warga yang berumur 12 tahun ke atas, juga bisa mendapatkan vaksin di mobil vaksin keliling ini.

Dalam kesempatan ini, Anies Baswedan optimis bisa mencapai target 7,5 juta orang yang divaksinasi di Jakarta sebelum akhir Agustus 2021 mendatang.

Pasar Senen Sentra Vaksinasi Baru

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan bahwa Pasar Senen akan dijadikan tempat sentra vaksinasi baru.

“Kita ingin seluruh area yang menjadi kelompok sasaran itu kita sisir dan membentuk sentra vaksinasi baru,” terang Dhany.

Menurutnya, Pasar Senen merupakan salah satu pasar yang menjual kebutuhan pangan, sehingga tidak tutup dan masih buka dengan aturan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Vaksinasi di Pasar Senen ditujukan khusus untuk para pedagang karena masih berjualan sampai saat ini,” kata Dhany.

Dhany juga mengungkapkan bahwa sampai saat ini jumlah vaksinasi di Jakarta Pusat sudah hampir 50 persen.

“Total sudah hampir 50 persen, ini merupakan hasil kerja sama dari berbagai pihak,” pungkas Dhany.

Baca Juga: 

Sebanyak 4,5 Juta Warga DKI Jakarta Sudah Divaksin 

Wagub DKI Jakarta: 6,1 Juta Jiwa Sudah Divaksin Covid-19

Dekatkan Layanan, Pemkot Jakpus Buka Sentra Vaksin di Kantor Wali Kota