Sebelum Dibagikan, Sudin KPKP Akan Cek Daging Kurban

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Hewan kurban. Foto: Aris PKL

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan pengecekan daging kurban sebelum dibagikan pada masyarakat.  

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakpus Penty Yunesi menerangkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan daging kurban tersebut di Hari Idul Adha sebelum dibagikan pada masyarakat.

Penty juga mengungkapkan, akan menurunkan tim untuk memeriksa daging kurban yang ada di tempat pemotongan hewan kurban di wilayah Jakarta Pusat.

"Kita akan tetap melakukan  pemeriksaan daging kurban di hari H Idul Adha," ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/7). 

Penty memaparkan, pemeriksaan daging kurban di Hari Idul Adha, biasanya dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan dan daging yang sudah dipotong. Selain itu, proses penanganan daging yang sudah dipotong, guna memastikan kualitas dari daging kurban.

"Kita akan lihat bagaimana kriteria aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) yang harus terpenuhi. Jangan sampai ada yang cacat, sakit, atau umurnya belum cukup karena berpengaruh pada kualitas daging yang akan diterima warga," jelasnya.

Terkait, berapa banyak tim yang akan diturunkan, Penty mengatakan belum bisa memastikan. Sebab, situasi pandemi saat ini petugas yang akan dilibatkan terkena pembagian work from home (WFH). Selain itu, ada beberapa petugas yang memasuki usia pensiun.

"Nanti akan kita sesuaikan jumlah petugasnya. Insya Allah kita semua tetap sehat. Petugas bisa turun melakukan pemeriksaan, karena daging kurban ini untuk dikonsumsi warga masyarakat," tandasnya.

Baca Juga: 

Pemkot Jakpus Tinjau Penampungan Hewan Kurban di Kemayoran dan Cempaka Putih

Sudin KPKP Jakpus Sudah Periksa Hewan Kurban

Wakil Wali Kota Minta Satgas Covid Monitor Pemotongan Hewan Kurban