Sudin KPKP Jakpus Sudah Periksa Hewan Kurban

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi. Foto: Annisa Qurrotul

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) sudah melakukan pemeriksaan hewan kurban di beberapa kecamatan yang ada di tiap wilayah.

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan,  pihaknya sudah melakukan  pemeriksaan hewan kurban sejak Selasa (6/7) lalu.

Menurutnya, pemeriksaan hewan ini akan terus dilakukan hingga minggu depan. “Yang sudah kami periksa Kemayoran, Gambir, dan Tanah Abang. Sementara Menteng serta Cempaka Putih baru ada saat H-7. Jadi belum bisa kami cek,” ungkapnya, usai sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban di masa pandemi secara virtual, di Ruang Rapat Wakil Walikota Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (9/7).

Penty menjelaskan, pemeriksaan hewan kurban ini meliputi pengecekan penyakit antraks, serta umur hewan yang dijual apakah sudah sesuai ketentuan. Untuk pemeriksaan penyakit hewan seperti antraks, pihaknya berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas KPKP.

“Setelah kami cek, Alhamdulilah tidak ditemukan adanya penyakit antraks. Kondisi hewan pun dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Nantinya, kata Penty, Sudin KPKP juga akan terus melakukan pemantauan kesehatan hewan hingga hari Idul Adha.

“Kondisi hewan kurban sampai hari H itu yang perlu kita pantau terus. Nanti hari di hari H kita cek lagi,” tandasnya.

Baca Juga:

PPKM Darurat, Begini Aturan Perayaan Idul Adha

Wali Kota Jakpus Minta UKPD Pantau Lokasi Penjualan Hewan Kurban 

Pemkot Jakpus Gelar Sosialisasi Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban di Masa Pandemi