PEMKOT JAKPUS kembali memperoleh predikat terbaik tingkat nasional-

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Pemerintah Kota Jakarta Pusat kembali memperoleh predikat terbaik tingkat nasional, Setelah kemaren menerima penghargaan sebagai Kota Peduli HAM dan Kota Sehat. kini kembali memperoleh predikat terbaik ketiga, setelah Surabaya dan Bandung. dan berhak menerima penghargaan Kualitas Udara Perkotaan tahun 2015 dengan katagori Kota Metropolitan.

Penghargaan Kualiatas Udara Perkotaan dengan katagori Kota Metropolitan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya kepada Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, di Hotel Sangrila, Jakarta Pusat, Kamis (17/12).

Saya merasa bahagia dan senang memperoleh predikat  terbaik ketiga tingkat nasional pada penilaian Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) tahun 2015 dengan Katagori Kota Metropolitan dari Pemerintah Pusat melalui kementrian Linkungan Hidup dan Kehutanan.

Selama Tahun 2015 ini pemerintah Kota Jakarta Pusat sudah empat kali menerima penghargaan tingkat nasional dari pemerintah pusat, diantara penghargaan sebagai Kota Sehat, penghargaan peduli HAM, penghargaan Adiwiyata dan sekarang penghargaan EKUP, paparnya.

Keberhasilan atas perolehan penghargaan EKUP, ini tidak lepas dari peran serta masyarakat dan semua elemen yang ada dilingkungan Pemkot Jakpus. “ Saya menguncapkan terima kasih kepada masyarakat dan SKPD yang telah mau berusaha mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta Pusat.

Dikatakan, penghargaan ini tidak lepas dari program Pemkot Jakpus yang membuat sejumlah terobosan dan program untuk menurunkan pencemaran udara gas buang. Program tersebut diantaranya dibangunya Ruang Publik Ramah Anak (RPTRA), transportasi seperti Bajaj dan Bus TransJakarta yang beralih ke bahan bakar Gas termasuk di gelarnya Car free day (Hari bebas kendaraan bermotor)  setiap Minggu di Thamrin dan dua kali di Jln Suryopranoto, ujarnya

Ka. Kantor Lingkungan Hidup Jakpus, Fitratunnisa, menambahkan Penghargaan EKUP yang diterima Pemkot Jakpus sesuai SK Mentri Lingkungan Hidup dan Kuhutanan RI, No. 646/Menlhk-Setjen/2015 tentang hasil penilaian evaluasi kualitas udara perkotaan tahun 2015.

Adapun peringkat pertama penghargaan EKUP katagori Kota Metropilitan diberikan kepada Bandung dengan nilai 76,66, peringkat kedua Surabaya nilainya 75,96 dan peringkat terbaik ke tiga diperoleh oleh Pemkot Jakpus dengan nilai 74,60.,ujarnya (AD)