Sudin dukcapil JAKPUS genjot perekaman KTP-EL

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Pusat terus melakukan jemput bola terhadap warga yang belum melakukan rekam KTP elektronik. Jemput Bola rekam KTP-El dengan menggunakan mobil keliling tersebut di daerah padat penduduk.

Penggejotan terhadap perekaman KTP-El di wilayah Jakarta Pusat, karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) reguler akan dimatikan dan dinyatakan tak berlaku lagi per 31 Desember 2015. “ Makanya kami terus melakukan jemput bola untuk menggenjot percepatan perekaman KTP-El,” jelas Ka.Sudin Dukcapil Jakpus, Warisih, Minggu (1/11).

Jika lewat akhir tahun ini, maka data kependudukan akan di non aktifkan/dimatikan sementara sampai mereka mendaftar ulang di kelurahan. “ Jadi saya himbau kepada warga masyarakat Jakarta Pusat supaya melakukan rekam KTP-El secepatnya, Jangan sampai tidak melakukan rekam KTP-El nantinya yang rugi warga itu sendiri, tegas Warisih.

Dari 1.123.513 jumlah penduduk Jakarta Pusat, masih ada sekitar 99.704 yang belum melakukan rekam KTP-El. Paling banyak di wilayah Kecamatan Tanah Abang dan Kemayoran, karena wilayah tersebut pada penduduk.

Secara khusus, Sudin Dukcapil membuka layanan kependudukan di 44 Kelurahan jam operasional ditambah agar warga bisa lebih leluasa melakukan perekaman.

Pelayanan perekaman KTP-El pun dibuka setiap hari Sabtu dari pukul 08.00 – 12.00 Wib. “ Pada hari kerja jam operasional ditambah dua jam, ucapnya.

Selain itu untuk mempercepat perekaman KTP-El pihaknya menyediakan enam mesin alat rekam cetak, empat mesin berada di Kecamatan Sawah Besar, Kemayoran, Kel.Bungur dan Kec. Menteng dua lainnya berada di loket PTSP dan Sudin Dukcapil.

Alat mesin rekam KTP-El atau mesin cetak KTP El yang berada di wilyah Kec. Sawah Besar dapat digunakan bagi warga di Sawah Besar dan Gambir. Sementara di Kel.Bungur, Kec. Senen bagi warga Senen dan Cempaka Putih. Khusus Kecamatan Kemayoran hanya untuk warga kemayoran karena wilayah tersebut padat penduduknya dan untuk kecamatan mesin rekam KTP-El disiapkan untuk warga Menteng dan Tanah Abang. Sedangkan untuk wilayah padat penduduk bisa melakukan rekam KTP-EL di PTSP Kantor Walikota Jakpus.

Menurut Warisih, sampai Oktober secara bertahap sudah melakukan rekam KTP-El terhadap warga sebanyak 728.008 sedangkan yang melakukan rekam 99.704 dari wajib KTP 829.712 dengan jumlah penduduk 1.123.513 jiwa, tambahnya, (AD).