Sudinsos Jakpus Selamatkan Lansia Demensia

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Pusat berhasil mengevaluasi wanita lanjut usia (lansia) terindikasi demensia. Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) temukan nenek tersebut di Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).

Menurut Kasudin Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati nenek bernama Anah tersebut ditemukan saat tengah berjalan dari Stasiun Tanah Abang menuju kantor Kecamatan Tanah Abang.

"Petugas P3S melihat wanita lansia tengah kebingungan bolak - balik sejak pagi dari stasiun ke kantor kecamatan. Dia jalan sendirian dan didatangi petugas diajak ngobrol," terang Susan, Selasa (27/9).

Masih kata Susan, saat ditanya dimana tempat tinggalnya, nenek lansia tersebut lupa. Petugas pun terus menanyakan lagi dan baru ingat. Nenek itu mengaku rumah di Tanah Abang, namun ketika ditanya lagi jawabnya berbeda lagi, dengan mengatakan rumahnya di Cakung.

"Kita ajak nenek Anah ke kantor Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat sebelum ke panti. Kami berikan tempat yang nyaman dulu supaya dia ingat rumahnya," ucapnya.

Sesampainya di kantor, petugas kembali bertanya perihal asal-asul Anah. Selama satu jam ia ditanya alamat dan keluarga dengan pertanyaan yang sama tapi yang bersangkutan selalu memberikan jawaban yang berbeda.

"Ia mengaku masih berumur 37 tahun. Padahal menurut kami sudah 70 tahunan. Ia juga mengaku bisa sampai ke Tanah Abang karena dibonceng naik motor," tutur Susan.

Setelah berulang kali ditanya, akhirnya nenek Anah ingat punya anak bernama Budi Iksan dan juga mulai ingat kalau dia tinggal di daerah Inpres, tepatnya di Jalan Jati Bunder RT 12 RW 12, Kebon Melati, Tanah Abang.

"Karena kami sudah mendapatkan informasi yang sudah tidak berubah-ubah, maka kami antar nenek Anah ke rumahnya dengan sepeda motor," tutupnya.

(Christ Kominfomas JP)