Pemkot Jakpus Tambah 15 RPTRA Tahun Ini

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) akan menambah 15 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di tahun 2017.

Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengatakan tahun 2017 akan ada penambahan 15 RPTRA. Angarannya pun sudah disiapkan melalui Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp. 50 milyar. Meski demikian, pihaknya mengaku penambahan 15 RPTRA di Jakpus masih terkendala lahan yang sangat terbatas. 

"Di Jakarta Pusat sendiri sudah ada 29 RPTRA baik dari anggaran CSR dan APBD. Tahun ini kita mendapat koata sebanyak 15 RPTRA," ucap Mangara, Kamis (2/2).

Di tempat terpisah, Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Edy Suryaman membenarkan sulitnya menemukan lahan untuk dijadikan RPTRA. Menurutnya, saat ini dari 15 target pembangunan RPTRA, hanya ada 4 lokasi yang sudah sudah siap dijadikan RPTRA.  Diantaranya, Pasar Baru, Kenari, Cempaka Putih Timur dan Gunung Sahari Utara.

"Lahan yang kita gunakan menggunakan aset pemerintah daerah. Jakarta Pusat juga sangat tidak ada aset Pemda DKI yang dapat digunakan sebagai RPTRA," terangnya.

Meski demikian,  Edy cukup optimis 15 target RPTRA yang diberikan bisa terbangun semuanya tahun ini. Bahkan, pihaknya juga menerima apabila ada masyarakat yang ingin menjual tanahnya untuk dijadikan RPTRA. Menurutnya, ada peluang yang cukup besar untuk masyarakat. Namun, perhitungannya harga tanah harus sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan luas tanah minimal 700 meter.

"Kita saat ini pembangunan RPTRA harus di wilayah yang menjadi prioritas. Seperti wilayahnya pada dan kurangnya interaksi bagi warga. Di situlah RPTRA yang tepat dibangun bagi kebutuhan warga," tutupnya.

 

Kominfotik JP