Petugas Amankan PMKS Pembawa Emas

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat mengamankan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang membawa emas dan uang sekitar Rp 23 juta.

Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudinsos) Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati menerangkan, PMKS, bernama Sri (43) itu diamankan petugas saat mengemis di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. Pihaknya menduga, uang puluhan juta tersebut berasal dari mengemis. Pihaknya merinci, petugas mendapatkan sejumlah emas, uang kertas sebesar Rp 22.750.000 dan uang receh sebanyak Rp 313.900 dari tangan Sri. Total hasil berjumlah Rp 23.063.900.

"Pada saat itu kami sedang monitor PMKS jalanan di area JPO Kramat Sentiong, dan menyelamatkan seorang ibu, Sri (43) yang sedang mengemis di JPO tersebut," katanya saat dihubungi, Senin (13/11).

Susan mengatakan, Sri dijangkau saat petugas sedang melakukan pengawasan. Pengemis itu dijangkau pada Minggu (12/11), sekitar pukul 09.30 WIB. Masih kata Susan, ketika dijangkau pengemis tersebut sempat memberontak sehingga pemeriksaan barang secara menyeluruh baru bisa dilakukan di panti. Saat ini, pengemis tersebut sudah dibawa ke panti Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap barang bukti yang didapat dari pengemis tersebut. 

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak memberi dalam bentuk apapun kepada pengemis. Masyarakat bisa salurkan bantuan kepada lembaga yang terpercaya," tegas Susan.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL