Sky Hospital RSUD Tarakan Resmi Dibangun

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Proyek pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan 18 lantai dengan konsep Sky Hospital resmi dimulai (18/1).

Pelaksanaan pembangunan RSUD Tarakan ini dimulai dengan peletakan batu pertama (Groundbreaking) oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumarsono. Menurutnya, konsep Sky Hospital ini adalah konsep dimana gedung rumah sakit ini dibangun 18 lantai di atas saluran penghubung Siantar. Nantinya gedung Sky Hospital RSUD Tarakan ini akan terhubung dengan dua gedung sebelumnya yang lebih dulu dibangun.

Pihaknya menargetkan pembangunan Sky Hospital ini selesai pada Desember 2017 mendatang. Ia menegaskan, proyek pembangunan ini tidak mengalami penundaan. Semuanya lelang semua berjalan terus termasuk manajemn konsultan sampai konstruksinya karena ini untuk kepentingan publik yang sangat mendesak.

"Kita hanya punya waktu 12 bulan. Tidak ada alasan tidak selesai bulan Desember 2017," tegasnya.

Lebih lanjut, Sumarsono menyatakan RSUD tipe A pertama yang dimiliki Pemprov DKI ini akan menambah 120 tempat tidur pasien dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang makin lengkap.

"Mulai dari rawat inap, rawat jalan, farmasi, poli dan kegiatan yang mendukung rujukan dari puskesmas sampai provinsi," terangnya.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Tarakan, Togi Asman Sinaga mengatakan, RSUD Tarakan memiliki 34 spesialis dengan 15 sub spesialis, nantinya RSUD Tarakan akan dikembangkan menjadi pusat rujukan di tingkat provinsi.

"RSU ini tipe A, yang lain kan tipe B, otomatis layanan di sini lebih dari layanan B, makanya jadi pusat rujukan. Di sini lebih kepada layanan sub spesialis, seperti sekarang jantung, kalau di tempat lain belum ada operasi jantung, di sini sudah bisa," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto menambahkan, RSUD Tarakan diprioritaskan bagi pasien spesifik, dalam artian pasien yang merupakan rujukan dari RSU tipe D dan B.

"Rumah sakit ini dapat menangani penyakit yakni stroke, laka, jantung, kanker, gagal ginjal. Jadi RSUD ini disiapkan untuk menangani semua penyakit itu,"singkatnya.

 

Kominfotik Cds-Nel