Puluhan Kebakaran Terjadi Sepanjang Ramadhan

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Pusat (Jakpus) mencatat sepanjang Ramadan 2018 , terjadi 20 kali musibah kebakaran di permukiman warga dan pusat keramaian di Jakpus.

"Total 20 kejadian yang 10 diantaranya menghanguskan rumah tinggal dan bangunan, namun tidak ada korban pada saat kejadian," ujar Hardisiswan Kasudin Gulkarmat Kota Jakarta Pusat, Jumat (29/6).

Selain 10 rumah dan bangunan, sambung Hardisiswan, terdapat 2 kendaraan angkot dan sepeda motor yang terbakar, 2 kejadian akibat alang-alang dan sampah, 2 kejadian akibat ledakan kompor gas serta 4 kebakaran kabel udara. Lima diantaranya dapat dipadamkan oleh warga sebelum petugas sampai ke lokasi seperti kebakaran akibat sampah di Kenari, ledakan kompor gas di Menteng dan di Kwitang, kebakaran dapur di Pegangsaan dan di Kebon Kacang.

"Atas kejadian itu, sebanyak 31 KK atau 150 jiwa kehilangan tempat tinggal dengan total kerugian mencapai Rp.6.541.500.000," terangnya.

Ditambahkannya, musibah kebakaran sepanjang bulan ramadan tahun ini  menurun jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu, sebanyak 22 kali kejadian. Ia berharap, masyarakat lebih waspada dan tidak panik saat menghadapi musibah sehingga kejadian serupa dapat diatasi secara dini dan mandiri.

 

Kominfotik JP/Chs/Nel