1.100 Warung di Jakpus Dapat Bantuan Wirausaha

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Sebanyak 1.100 warung di Jakarta Pusat mendapat bantuan wirausaha sebesar Rp 70 juta yang diberikan langsung di Gelanggang Olah Raga Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (21/8). 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan saat ini toko swalayan yang dikelola swasta memang sangat mudah ditemukan di Jakarta. Kondisi itu kini menjadi ancaman langsung untuk pedagang warung-warung tetangga yang berdiri mandiri oleh warga. Makanya Pemerintah harus lebih peduli memberikan perhatian kepada warung-warung tetangga agar terus bertahan.

"Saat ini keberlangsungan warung-warung tetangga harus diberikan kepastian. Sebab, itu salah satu tempat warga untuk mengais rezeki untuk memenuhi kebutuhan. Maka dari itu hari ini 1.100 warung tradisional mendapat bantuan," paparnya.

Irwandi menjelaskan, permodalan sangat penting untuk mengembangkan warung tradisional agar lebih maju lagi. Namun, tidak akan sertamerta hanya menyalurkan modal saja, pihanya akan membuat pelatih manajemen dan pemasaran juga. Hal tersebut, agar bantuan yang diberikan dapat dikelola dengan baik.

"Jangan sampai begitu dikasih modal barang, barang dagangannya laris uangnya tidak bertambah. Makanya harus dibantu managemennya agar pedagang bisa mengelola perputaran uangnya," ucapnya.

Dalam hal ini bantuan permodalan Pemkot Jakpus 
bekerjasama dengan beberapa pihak. Yakni Sahabat Usaha Rakyat (Sahara), Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), dan BNI. Nantinya setelah bantuan yang diberikan berupa barang dan uang akan dilakukan pengawasan langsung.

"Bantuannya itu total 70 juta tapi terbagi dalam Rp 50 juta dalam bentuk barang dan Rp 20 juga kartu anggunan dari BNI " ucapnya.

Sementara itu, Founder Sahara Sharmila mengatakan, warung tetangga yang sudah di data terlebih dahulu. Tak hanya itu ujicoba mekanisme sudah dilakukan terlebih agar para pedagang paham.

"Modal barang dangangan dari kami. Kalau modal tambahan dari BNI hanya tiga persen pertahun dapat dicicil selama 3 tahun, setelah melakukan verifikasi terlebih dahulu" ucapnya.

 

Kominfotik JP/Christ