Ciptakan Pengusaha Baru, Pemkot Jakpus Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Puluhan warga dan Kader PKK Johar Baru, Jakarta Pusat mengikuti pelatihan pengelohan ikan, yang berlangsung di RPTRA Berseri Rw.10 Johar Baru, Rabu (13/3). Foto: Ran

Puluhan warga dan Kader PKK Johar Baru, Jakarta Pusat mengikuti pelatihan pengelohan ikan, yang berlangsung di RPTRA Berseri Rw.10 Johar Baru, Rabu (13/3).

Kegiatan ini dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting didampingi Camat Johar Baru, Nurhelmi Safitri dan Lurah Johar Baru, Siswanto.

Bakwan Ferizan Ginting sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang digelar Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP).

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan dan menciptakan masyarakat dalam membuat berbagai olahan ikan. Sehingga tidak membuat bosan anak-anak dalam menkonsumsi ikan,” katanya.

Menurut Ginting, pelatihan pengolahan ikan sangat baik. Selain menjadi lebih mandiri, maju dan berkembang, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk dapat melakukan inovasi produk olahan berbahan baku ikan.

“Para pelaku usaha juga harus kreatif, khususnya masalah kemasan harus menarik. Kalau kemasan mewah dan kreatif banyak yang tertarik. Baru nanti marketingnya menyusul,” jelasnya.

Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengatakan, ikan merupakan salah satu sumber pangan yang kaya akan zat gizi, protein, omega 3 dan omega 6, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Bayu juga berharap 30 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini akan menjadi pengusaha baru. Pelatihan pengolahan ikan ini, lanjutnya, akan dilaksanakan di setiap kecamatan. Pesertanya dari warga dan kader PKK.

“Adapun tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu dalam menangani dan mengelola ikan yang baik dan sehat tanpa menggunakan bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan. Serta sekaligus meningkatkan pengetahuan tentang wawasan kewirausahaan melalui program pengembangan kewirausahaan terpadu yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” tandasnya. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Day