Ratusan Pelajar Madrasah Tsanawiyah Al Muddatsiriyah Terima KIA

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin memberikan KIA kepada siswi Madrasah Tsanawiyah Al Muddatsiriyah, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (2/11). Foto: Zak

Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Pusat mendistribusikan 147 Kartu Indentitas Anak (KIA) bagi siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Al Muddatsiriyah, Kelurahan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (2/11).

Pendistribusian ini dilakukan oleh Satpel Kependudukan dan Catatan Sipil Kecamatan Kemayoran yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin usai memimpin upacara di Madrasah Al Muddatsiriyah.

Iqbal mengatakan, sangat mengapresiasi layanan ini untuk memudahkan bagi siswa-siswi dalam memperoleh KIA, dan tidak usah datang ke kelurahan atau kecamatan siswa sudah mendapatkan KIA.

“Pendistribusian KIA ini merupakan program Pemda DKI melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil bagi siswa-siswi mulai dari pelajar SD dan SMP yang berusia di bawah 16 tahun. Apalalagi layanan ini dilakukan dengan cara jemput bola, ini sangat baik sekali sehingga tidak mengganggu anak didik saat mengikuti pelajaran di sekolah,” jelas.

Hadir Camat Kemayoram Asep Mulyaman dan Lurah Utan Panjang, Ety Kusmiati, dan Ketua Dewan Kota (Dekot) Kecamatan Kemayoran, Nasirman Chaniago.

Iqbal berharap, sekolah-sekolah yang berlokasi di wilayah Jakarta Pusat yang anak didiknya belum memiliki KIA, silakan hubungi Satpel Dukcapil Kecamatan yang terdekat.

Alifia Zaskia Tiara (12) Siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Al Muddatsiriyah saat menerima KIA secara simbolis dari Sekko Jakarta Pusat mengatakan, senang dengan adanya layanan jemput bola ini dari Sudin Dukcapil Jakpus.

“Kami senang dengan adanya layanan jemput bola ke sekolah sehingga kami tidak perlu lagi ke kantor kelurahan maupun kantor kecamatan,” kata Alifia.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah Al Muddatsiriyah, Entang Subur mengucapkan banyak terima kasih kepada Satpel Dukcapil Kecamatan Kemayoran yang memberikan layanan jemput bola sehingga siswa-siswi sudah memilik KIA.

“Terima kasih, siswa kami sekarang sudah memiliki KIA, ini sangat besar manfaatnya,” kata Entang.

Sementara itu, Kasatpel Dukcapil Kemayoran, Fredy menjelaskan, penerbitan KIA bertujuan agar anak maupun siswa di bawah usia 17 tahun juga memiliki kesetaraan dalam hal mendapatkan akses terkait pelayanan publik. Lebih dari itu KIA merupakan dokumen penting manakala terjadi kondisi darurat.

Ia memaparkan jumlah penduduk 0-16 tahun 72.828 orang terdiri dari laki-laki 37.711 dan perempuan 35.167 sedangkan KIA yang telah didistribusikan sebanyak 40.820 atau 56.01 persen ini sudah termasuk siswa SD dan SMP.

“Sementara KIA yang telah didsitribusikan untuk siswa SD periode Agustus-November sebanyak 3847 dan SMP periode,” tandasnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Day