RPTRA Anggrek Rawasari Ditargetkan Akhir Desember Rampung

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Asisten Adm Kesra Jakpus, bersama para CSR, camat, dan warga. Foto: Christ

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) bersama CSR Hanwha Life dan Wahana Visi Indonesia (WVI) terus mengebut pengerjaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek Rawasari di Jalan Rawa Kerbau, Kecamatan Cempaka Putih. Ditargetkan, proyek pembangunan RPTRA ini rampung akhir Desember 2019. 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Pusat, M. Fahmi menegaskan, RPTRA Anggrek Rawasari ini merupakan RPTRA ke-15 yang dibangun oleh pihak ketiga atau CSR. Sisanya sebanyak 35 RPTRA dibuat dari APBD. 

"Nanti akan ada bukit, air mancur dan sebagainya. Apresiasi luar biasa buat Hanwha Life dan Wahana Visi Indonesia yang mau bekerja bersama-sama dengan Pemerintah membangun anak-anak Indonesia yang sehat dan cerdas. Persoalan Jakarta sesungguhnya adalah keterbatasan ruang terbuka, ini sesuatu yang bermanfaat untuk anak-anak dan masyarakat," ungkapnya, di RPTRA Anggrek Rawasari, Cempaka Putih, Jumat (29/11). 

Berdasarkan survei kedua CSR tersebut dengan adanya ruang terbuka. Sembilan dari 10 anak memiliki kegiatan positif pada waktu luang, 69% anak memiliki hubungan yang kuat dengan orang tua, 98% anak merasakan dukungan dari orang tua dan lingkungan, 22% orang tua tidak lagi membentak anak dan 17% orang tua tidak lagi menggunakan kekerasan terhadap anak.

Adapun, survei dilakukan pada tahun 2018 kepada lebih dari 50 responden orang tua dan 200 anak usia 6-18 tahun di kawasan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. 

Sementara menurut World Health Organization (WHO), aktivitas fisik memiliki manfaat yang sangat besar bagi anak-anak. Rencana kerja WHO tahun 2018-2030 berjudul “More Active People for a Healthier World” mengarahkan untuk meningkatkan akses ruang publik terbuka. Khusus untuk Indonesia, WHO mengungkapkan sebanyak 86,4% anak usia 11-17 tahun tidak melakukan aktivitas fisik lebih dari 1 jam setiap hari.

Seperti diketahui, RPTRA Anggrek Rawasari berdiri di atas lahan seluas 1.500 meter persegi. Hanwha Life juga akan membangun Taman Maju Bersama pada tahun 2020. 

CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, David Yeom menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan World Vision Korea dan Wahana Visi Indonesia mendukung program ruang publik terbuka dari Pemprov DKI Jakarta.

"Kami harap RPTRA Anggrek Rawasari dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. RPTRA ini unik, karena memadukan konsep RPTRA dan Taman Maju Bersama, dengan adanya fasilitas ramah lingkungan berupa sumur resapan air dan juga ikon air mancur," ungkapnya.  

David pun mendukung terciptanya ruang publik terbuka yang ramah anak, keluarga dan juga lingkungan. "Kami melihat bagaimana ruang publik terbuka memiliki manfaat positif yang besar, terutama dalam hal psikologis bagi anak dan orang tua," katanya. 

Sementara itu, National Director Wahana Visi Indonesia, Doseba Tua Sinay menambahkan, pihaknya mengapresiasi komitmen Hanwha Life dalam mewujudkan lebih banyak RPTRA bersama dengan Pemprov DKI Jakarta. Tujuan WVI adalah meningkatkan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak di sektor pendidikan, kesehatan, dan perlindungan anak. 

"Kami harap RPTRA Anggrek Rawasari dapat mendukung tumbuh kembang serta mengembangkan minat dan bakat anak. Masyarakat juga dapat menikmati manfaat lebih dari fasilitas yang ramah lingkungan," tandasnya. (As/Stk)

Kominfotik JP/Christ