Antisipasi Banjir Pemkot Jakpus Periksa Tali Air dan Pompa

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) akan mengecek tali air dan pompa yang ada di wilayah untuk mengantisipasi banjir.

Menjelang memasuki musim penghujan, antisipasi sudah mulai dilakukan jajaran Pemkot Jakpus. Utamanya terkait drainase perkotaan. Seperti diketahui, tali air yang tersumbat bisa menyebabkan aliran air ke saluran pembuangan terhambat sehingga menyebabkan genangan di jalan-jalan.

Wakil Wali Kota Jakpus, Irwandi menerangkan, tali air dan pompa di beberapa kawasan seperti Kemayoran, Matraman, dan Petamburan akan diperiksa kesiapannya. "Hari ini atau besok akan dicek kesiapannya," ungkapnya saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (18/8). 

Dia menyebutkan, pada musim hujan tahun lalu, pompa di Petamburan sempat terkendala karena terendam air. Tahun ini pihaknya akan memastikan pompa bisa berjalan maksimal. "Tahun lalu pompa di Petamburan itu terendam air kali yang tinggi, jadi tidak bisa menyedot air. Harus tunggu airnya surut lebih dulu. Ini yang akan kita perhatikan tahun ini, bagaimana supaya pompa bisa menyedot air,” ucap Irwandi.

Untuk memastikan semua infrastruktur siap, semua jajaran diminta menjalankan perannya dengan baik. Mulai dari unit teknis seperti Sudin Sumber Daya Air dan Sudin Bina Marga maupun jajaran kelurahan melalui para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). (SAF)

 

Kominfotik JP/NEL