Antisipasi Genangan, Sudin Bina Marga Jakpus Buat Gutter dan Penangkap Lumpur

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Pembuatan Gutter oleh Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam upaya mengantisipasi genangan, Sudin Bina Marga Jakarta Pusat membuat Gutter, Penangkap Lumpur, dan Penambahan Mulut Air. Hal ini untuk mempercepat aliran air hujan dari perkerasan jalan menuju saluran drainase jalan sehingga dapat mencegah terjadinya genangan.

"Saat ini kita sedang melakukan pembuatan Gutter, Penangkap Lumpur, dan Penambahan Mulut Air di Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan I (TPU Karet Bivak), Tanah Abang, Jakarta Pusat," ungkap Kepala Suku Dinas (Kasudin) Bina Marga Jakarta Pusat, Rakim Sastranegara saat dikonfirmasi, Senin (28/9).

Lebih Lanjut Rakim menjelaskan, pembuatan Gutter untuk memperlancar aliran air permukaan ke mulut air,  mencegah air hujan tergenang di jalan, pembuatan Penangkap Lumpur sebagai tempat endapan lumpur dan sampah untuk mengurangi sedimen pada saluran drainase.

"Sedangkan Penambahan Mulut Air dan Penambahan Kemiringan Tali Air untuk mempercepat aliran air permukaan ke saluran drainase. Mudah-mudahan dengan adanya hal tersebut dapat mencegah terjadinya genangan," jelasnya.

Dalam pekerjaan tersebut Sudin Bina Marga Jakarta Pusat menerjunkan 20 petugas gabungan Satgas Seksi JJKJ dan Satgas DBM Kecamatan Tanah Abang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (As)

 

Kominfotik JP/Day