Pemkot Jakpus Siap Amankan Kebijakan PSBB 

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Apel petugas gabungan dari Satpol PP, TNI dan Polri, Jumat (10/4)

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara menyatakan jajaran Pemkot Administrasi Jakarta Pusat siap mengamankan implementasi Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Hal ini dinyatakan Bayu seusai menghadiri rapat koordinasi dengan Kapolres Metro Jakarta Pusat dan Dandim 05/01 JP, Jumat (10/4) di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Bayu, ada beberapa hal yang harus diantisipasi menyusul diterbitkannya Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Skala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

“Tadi kami simulasikan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi dari penerapan PSBB ini. Dipersiapkan pula langkah-langkah antisipasi dan penangannya,” ungkap Bayu.

Ia melanjutkan bahwa pekerjaan ini adalah tugas berat yang hanya bisa dituntaskan dengan keseriusan dan kekompakan. “Saya meminta seluruh jajaran Pemkot Jakarta Pusat bersama-sama dengan mitra kita dari TNI dan Polri siap mengamankan kebijakan ini,” ungkapnya.

Wali Kota juga berharap masyarakat mendukung langkah ini. “Saya harap masyarakat memahami Pergub ini serta dengan disiplin melaksanakannya. Apabila aturan ini dijalankan dengan baik, kita harapkan wabah Covid-19 ini bisa kita atasi dan segera berlalu,” pungkas Bayu.

Selain menjaga beberapa titik (check point), langkah-langkah lain juga dilakukan. Di antaranya adalah dengan menggelar patroli bersama antara Satpol PP dengan anggota TNI dan Polri.

“Kita akan menyisir sepanjang jalan nanti. Apabila ada yang berkerumun akan dibubarkan. Warga dan pengguna jalan yang tidak menggunakan masker, termasuk mengawasi ojol (ojek online-red) yang masih mengangkut penumpang,” ujar Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan saat memimpin apel gabungan di halaman kantor Wali Kota, Jumat (10/4), sore.

Patroli bertajuk Operasi Praja Peduli ini akan digelar sepanjang berlangsungnya PSBB. Untuk Jumat (10/4) ini, patroli dilakukan oleh 5 (lima) kelompok yang masing-masing terdiri dari 75 personil gabungan. Kelompok pertama mengambil lokasi di Kecamatan Senan dan Kecamatan Kemayoran. Kelompok kedua berkeliling wilayah Kecamatan Johar Baru dan Kecamatan Cempaka Putih.

Kelompok ketiga ditugaskan di area Kecamatan Gambir dan Kecamatan Menteng. Adapun Kecamatan Sawah Besar menjadi tanggung jawab kelompok keempat, dan Kecamatan Tanah Abang ditangani kelompok lima. (Kominfotik JP/SAF)