Petugas Sensus Penduduk Ikuti Rapid Tes Covid-19

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Rapid tes di halaman Puskesmas Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Day

Sebanyak 141 petugas sensus penduduk atau pencacah lapangan Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Pusat mengikuti rapid tes Coronavirus Disease (Covid-19), di halaman Puskesmas Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/8).

"Ada 141 petugas yang mengikuti rapid tes yaitu terdiri dari delapan orang koordinator sensus Kecamatan dan selebihnya petugas sensus penduduk atau pencacah lapangan," kata Koordinator Statistik Kecamatan Kemayoran (KSK) BPS Jakarta Pusat, M Abdul Aziz.

Ia menjelaskan, pelaksanaan pemeriksaan ini dalam rangka sensus penduduk tahun 2020 BPS Jakarta Pusat. Untuk itu, para petugas sensus harus memenuhi protokol kesehatan.

"Dalam pelaksanaan rapid tes BPS Jakpus bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Kemayoran. Pelaksanaan rapid tes berlangsung dua hari yakni tanggal 27 sampai dengan 28 Agustus 2020," katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Buana mengatakan, pihaknya melaksanakan rapid tes ini atas permintaan dari BPS Jakarta Pusat.

"Dari 141 petugas yang mengikuti rapid tes ada 15 petugas yang reaktif dan langsung menjalani swab tes. Sementara satu orang petugas tidak mau mengkuti Swab. Dan hasil swab tes bisa diketahui sekitar tiga sampai lima hari mendatang," ungkap Buana saat dikonfirmasi.

Pelaksanaan rapid tes ini, lanjutnya, dimulai pukul 09.00 sampai 11.30 WIB dengan menerjunkan delapan petugas tenaga medis.

Buana juga mengimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti 3M (Mencuci tangan, Menggunakan Masker, dan Menjaga jarak). (As)

 

Kominfotik JP/Day