RPTRA se-Kecamatan Cempaka Putih Juara I Nasional Lomba Senam Sajojo

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Perwakilan Kecamatan Cempaka Putih Juara I Lomba Senam Sajojo. Foto: pusat.jakarta.go.id

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) se-Kecamatan Cempaka Putih menjadi Juara I Nasional Lomba Senam Sajojo yang diadakan Badan Kesejahteraan Keluarga Nasional (BKKBN).

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP), Bangun Manalu menerangkan, perlombaan Senam Sajojo ini diadakan dalam rangka memperingati hari Kontrasepsi Sedunia beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sebelum pemberlakuan kembali PSBB, ia sudah menginformasikan pada seluruh pengurus RPTRA di Jakarta Pusat untuk mengikuti perlombaan ini dan masing-masing kecamatan di Jakpus mengirimkan satu tim.

"Jadi satu kecamatan satu tim terdiri dari sembilan orang pengelola RPTRA yang merupakan perwakilan dari masing-masing RPTRA yang ada di kecamatan," ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat (25/9).

Bangun menerangkan, perlombaan ini dilakukan secara virtual di mana para peserta melakukan pengambilan gambar video. Untuk lokasi pengambilan gambar dapat dilakukan sesuai keinginan tim, namun tidak boleh dilakukan di RPTRA. Selain itu, para peserta juga harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Kita kirimkan delapan tim untuk ikut perlombaan Sajojo ini ke Dinas PPAPP DKI Jakarta, Dinas kemudian yang melakukan seleksi dan mengirimkan ke BKKBN. Ternyata RPTRA se-Kecamatan Cempaka Putih menjadi Juara I Tingkat Nasional," terangnya.

Bangun mengaku sangat bangga dengan pencapaian pengelola RPTRA yang terus semangat bekerja dan berkreativitas meskipun di masa pandemi Covid-19. Kemenangan ini juga menunjukan bahwa pandemi Covid-19 tidak menurunkan kreativitas para pengelola RPTRA.

"Semangat mereka untuk membawa RPTRA ke tingkat nasional ini ada, semangat bekerja, semangat berkreasi, semangat membantu sesama, dan juga semangat membawa nama DKI Jakarta ke tingkat nasional," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL