RW 07 Gunung Sahari Utara Jadi Tempat Peresmian Rukun Warga Si Pitung

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

RW 07 Gunung Sahari Utara Jadi tempat peresmian RW Si Pitung. Foto: Rif

Polda Metro Jaya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) meresmikan program unggulan bernama Jabat dan RW Si Pitung, di RW 07, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (25/6).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sujana menjelaskan, program unggulan bernama Jabat (Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang Hebat), yang merupakan induk dari semua program unggulan yang ada di Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya, pada tingkat RW dan Kampung dalam menghadapi Covid-19.

Dari sana, lanjut Nana, program unggulan Polda Metro di Polres Jakarta Pusat seperti “Rukun Warga (RW) Si Pitung” digencarkan untuk melakukan pengawasan dan pengamanan selama masa pandemi corona di lingkup rukun warga yang sudah dijalankan di wilayah hukum Polres Jakpus.

Masih dari keterangannya, program Rukun Warga Si Pitung (Pencegahan Inovatif Tangguh dan Unggul) dengan merangkul berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda, yang ada di Jakarta Pusat. Bertugas antara lain untuk membubarkan kerumunan massa dan memeriksa kawasan isolasi mandiri agar tetap steril.

"Rukun Warga Si Pitung lebih ampuh menjadikan masyarakat lebih disiplin melakukan physical distancing dan banyak berkegiatan di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, dari 368 RW di Jakarta Pusat, sudah 250 RW yang menerapkan one gate system (satu pintu masuk) di setiap RW masing-masing untuk mengurangi penyebaran Covid-19.  

"Kebersamaan warga dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini sangatlah erat, kreativitas serta inovasi dari warga RW 07 ditambah program unggulan Polda Metro Polres Jakarta Pusat RW Si Pitung mampu membuat kawasan ini menjadi zona hijau Covid-19," jelasnya. 

Peresmian program unggulan ini juga dihadiri, Kasdam Jaya, Muhammad Saleh Mustofa, Kapolres Jakpus, Heru Novianto dan Dandim 05/01, Wahyu Yudhayana, camat, dan lurah, serta RW 07 Gunung Sahari Utara. (As)

 

Kominfotik JP/Rif