Saluran Air di Jalan KS Tubun dan Jalan Lembaga Administrasi Negara Dikuras

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Petugas SDA Kecamatan Tanah Abang menguras saluran. Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam upaya antisipasi terjadi genangan saat masuk musim penghujan, saluran air di Jalan KS Tubun dan saluran penghubung (PHB) di Jalan Lembaga Adiministrasi Negara (LAN)  dikuras petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tanah Abang.

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari mengatakan, saat ini sedang melakukan pengurasan saluran air di wilayah Kelurahan Petamburan. Ada dua titik lokasi pengurasan dan penanganan saluran air  yakni saluran air di Jalan KS Tubun dan saluran PHB di Jalan Lembaga Administrasi Negara (LAN). 

Lebih lanjut Ia menerangkan, pengurasan saluran air di Jalan KS Tubun panjangnya mencapai 1.175 meter, dimensi saluran 80x80 cm dengan ketabalan sidimen lumpur 30 cm. Ini dilakukan untuk menampung debit air hujan sehingga jika terjadi hujan lebat di jalan tersebut tidak terjadi genangan.

"Sedangkan di Jalan LAN saluran air yang dikuras yakni saluran penghubung (PHB), panjang pengurasan yakni 1.495 meter, dimensi saluran 2.5x2 meter dengan ketebalan lumpur 40 cm. Pengurasan ini dilakukan agar air mengarah ke kali Banjir Kanal Barat (BKB) lancar dan tidak terjadi genangan," ungkap Eli saat dikonfirmasi, Jumat (25/9).

Khusus pengurasan saluran penghubung (PHB), lanjutnya, menggunakan satu unit dumb truck. Dari pengurasan di dua titik lokasi tersebut, 4.000 karung sampah dan lumpur diangkut petugas ke PLTU Ancol, Jakarta Utara.

"Pengurasan dan penangan saluran air dalam rangka menghadapi musim penghujan yang telah tiba. Dalam pengurasan dan penanganan saluran air, pihaknya menerjunkan 29 satgas dan tersebar di dua lokasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Lurah Petamburan, Setyanto mengapreasi terhadap SDA Kecamatan Tanah Abang atas pekerjaannya melakukan pengurasan dan penanganan saluran di dua titik yakni saluran air di Jalan KS Tubun dan saluran penghubung di Jalan LAN.

“Mudah-mudahan upaya yang telah dilakukan pihak SDA Kecamatan Tanah Abang genangan di wilayahnya nantinya cepat surut dan akan berkurang," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day