Sosialisasi COVID-19 di HBKB

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Tim Tanggap Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melakukan sosialisasi mengenai virus corona (COVID-19) di ruas Jalan Sudirman dan Thamrin, Minggu (8/3). Foto: SAF

Kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di ruas Jalan Sudirman dan Thamrin, Minggu (8/3) pagi ini tetap ramai seperti biasanya. Meski belakangan ini marak pembicaraan mengenai virus corona (COVID-19), aktivitas warga sama sekali tidak terganggu.

Tim Tanggap Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memanfaatkan momentum HBKB ini untuk mensosialisasikan mengenai virus corona dan bagaimana pencegahan serta penanganannya. 

Dibuka empat posko untuk melaksanakan tugas ini, yaitu di Kawasan Patung Arjuna Wiwaha (Bundaran Indosat), depan gedung Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia dan di depan fX Senayan. Setiap tim terdiri dari dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang ditugaskan dari beberapa Puskesmas di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Keramaian seperti HBKB di satu sisi memang memiliki risiko penularan penyakit. Oleh karena itu, para petugas Tim Tanggap Covid-19 menyampaikan mengenai pentingnya penggunaan masker bagi warga yang ada gejala flu dan batuk. 

“Kami menyampaikan bagaimana memakai dan melepas masker yang benar, dan siapa saja sebetulnya yang perlu menggunakan masker,” kata Dina Nurjanah, Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, di posko depan Bundaran HI.

Ia menambahkan bahwa yang harus diperhatikan masyarakat adalah soal bagaimana mencegahnya. “Dengan perilaku hidup bersih dan sehat kita bisa mencegah, misalnya cuci tangan dengan sabun,” lanjut Dina.

Sementara itu, sejumlah warga tampak tertarik mendatangi booth yang dibuka Tim Tanggap Covid-19. “Saya penasaran pingin tahu bagaimana sih supaya kita tidak tertular,” kata Dina (17 tahun) yang datang bersama beberapa temannya.

“Senang juga bisa tau caranya cuci tangan yang benar. Selama ini kan kita asal aja, malah kadang tidak pakai sabun,” ujar warga lainnya, Devi (24).

Tim Tanggap Covid-19 masih akan melakukan kegiatan sejenis, bukan hanya di HBKB dan hari Minggu saja, tetapi juga di hari-hari lain di lokasi keramaian.