Wakil Wali Kota Jakpus Pimpin Grebek Lumpur di PHB Sedap Malam

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (tengah) meninjau grebek lumpur. Foto: Mam

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi memimpin gerakan Grebek Lumpur di saluran Penghubung (PHB) RW 01 Jalan Sedap Malam, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

Ia didampingi Wakil Camat Senen, Zahrul Wildan, Sekcam Kecamatan Senen, Irhsan, dan Lurah Kramat, Agus Yahya, Minggu (18/10).

"Grebek lumpur ini untuk mengantisipasi genangan atau banjir pada saat hujan lebat, seluruh wilayah semua melakukan kegiatan ini," kata Wakil Wali Kota di sela-sela pemantauan grebek lumpur.

Lebih lanjut Irwandi menerangkan, kegiatan ini akan berlangsung hingga Desember 2020 sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta. "Setiap Minggu akan ada kegiatan pengurasan saluran, jangan ada yang tersumbat karena akan mengakibatkan banjir sehingga ada laporan dari masyarakat. Ini jangan sampai terjadi," ucap mantan Kadis UMKM DKI Jakarta ini.

Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) DKI akan melayani masyarakat untuk memberikan kenyamanan bagi warganya. "Banjir itu tidak nyaman, jika banjir kita selalu disalahkan oleh masyarakat, padahal kita sudah kerja semaksimal mungkin," jelas Irwandi.

Ia juga melihat bahwa masih banyak bangunan yang berdiri di atas saluran membuat petugas SDA dan PPSU kesulitan untuk menguras saluran.

Menurutnya, pada prinsipnya semua bangunan yang ada di atas saluran harus ditertibkan atau solusinya saluran yang tertutup harus diberikan bak pengontrol supaya petugas mudah mengurasnya.

“Pemilik bangunan harus membuat bak pengontrol, jika tidak mau membuat bak pengontrol dibongkar," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Senen, M. Rohman menjelaskan, pengurasan saluran PHB di Jalan Sedap malam panjangnya mencapai 255 meter segmen dari Jalan Kramat Bunder sampai dengan Jalan Kramat Soka, dimensi saluran 2 meter x 1,5 meter dengan ketebalan lumpur 1,2 meter.

"Pengurasan ini dilakukan agar air mengalir  ke arah selatan menuju ke saluran PHB Kembang Pacar terus menuju ke Kali Sentiong. Dari pengurasan tersebut berhasil mengangkut 1.000 karung sampah lumpur, dan langsung dibuang ke PLTA Ancol, Jakarta Utara," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kramat, Agus Yahya menambahkan, kegiatan grebek sampah melibatkan 90 personel terdiri dari petugas SDA, PPSU, Bina Marga, Lingkungan Hidup, dan masyarakat.

"Kegiatan ini kita fokuskan di saluran PHB Jalan Sedap Malam dan di Jalan Kaca Piring," ujarnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day