Wakil Wali Kota Jakpus Survei Lokasi Pertanian Perkotaan di Rawasari

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama jajaran terkait melakukan survei persiapan urban farming. Foto: Rif

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi melakukan survei ke lokasi persiapan urbang farming (pertanian perkotaan), di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (23/10).

Irwandi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat memiliki lahan seluas 7.000 meter di Jalan Ahmad Yani tepatnya di depan Green Pramuka Square dan sekarang sedang dalam proses pembuatan sertifikat yang nantinya sebagian lahan akan dimanfatkan untuk urban farming.

"Lahan ini nantinya sebagian akan dimanfaatkan untuk urban farming dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. Kita manfaatkan lahan ini bagi kepentingan masyarakat untuk taman dan urban farming," ujar Irwandi saat survei lahan persiapan urban farming bersama Plt Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Elliawati didampingi Asisten Ekbang, Bakwan Ferizan Ginting, Camat Cempaka Putih, Andri Ferdian, Plt KPKP Jakpus, Mujiati, dan Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota, Mila Ananda.

“Kita siapkan lahan 500 meter untuk urban farming, nanti akan ditamani cabe, dan bawang merah serta tanaman obat keluarga (Toga) yang dapat meningkatkan imun tubuh seperti jahe," tambah irwandi.

Sementara itu, Plt Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Elliawati menjelaskan, urban farming ini merupakan tindaklanjut dari hasil rapat antara Sekjen Kementerian Pertanian dengan Sekda DKI dan disepakati adanya alokasi bantuan fasilitasi kawasan cabai dan bawang merah dari Kementerian Pertanian untuk mendukung urban farming di Jakarta.

Lebih lanjut Suharini Elliawati mengatakan, untuk saat ini Kementerian Pertanian membantu bibit cabai dan bawang merah, ke depan pihaknya akan mengusulkan bantuan berupa bibit sayuran seperti, bayam merah, bayam hijau, cesim, slada, dan lain sebagainya yang membutuhkan umur pendek.

"Dalam pembangunan urban farming, kita akan berkolaborasi dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat untuk dibuatkan landscape taman sehingga menjadi indah, cantik dan nyaman," jelasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day