182 Pelajar SDN 01 Menteng Ikuti Wisata Literasi Virtual

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi membuka wisata literasi virtual yang diikuti 182 pelajar SD Negeri 01 Menteng, Rabu (8/9).

Irwan Septinadi mengatakan, dalam peringatan Hari Aksara ini dapat dijadikan momentum bagi masyarakat akan pentingnya literasi sebagai salah satu hak dan kebutuhan dasar manusia.

"Terlebih pada abad ke-21 kemampuan literasi tidak hanya sebatas melek huruf saja, tetapi juga literasi baca, teknologi, hingga kebudayaan. Dengan memiliki ketrampilan literasi dasar tersebut, masyarakat diharapkan mampu mengimbangi laju perubahan abad 21," ucap Irwan.

Irwan berharap, melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terutama bagi peserta anak didik sehingga melatih kecakapan literasi dan mendorong kecintaan terhadap literasi dengan cara menyenangkan yang akan berguna sebagai bekal bagi generasi muda di masa mendatang.

"Kegiatan ini menjadi salah satu alternatif untuk menyalurkan minat dan bakat serta menjadi wadah apresiasi karya para peserta anak didik, sehingga mereka bisa melatih rasa percaya diri dan public speaking sejak dini," jelasnya. 

Dalam kegiatan tersebut para peserta anak didik diajak nonton video literasi yang dapat dilakukan di sekolah, berbincang-bincang sesama teman serta diajak mengisi acara melalui penampilan minat dan bakat seperti puisi, serta  dongeng.