200 Personil Kerja Bakti Gerebek Lumpur di RW 05 Kelurahan Pasar Baru

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kerja bakti gerebek lumpur di RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: H. A. Daelani

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan kerja bakti gerebek lumpur, di RW 05 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Sebanyak 200 personil terdiri Sudin Sumber Daya Air, Bina Marga, Damkar, Lingkungan Hidup, PPSU, warga, Sudin Pertamanan dan Hutan Jakarta Pusat dikerahkan.

Kegiatan ini dipimpin langsung Camat Sawah Prasetyo dan dihadiri Dewan Kota Perwakilan Kecamatan Sawah Besar Dede Sulaeman, Ketua RW 05 Tonny Tjiungwanara, dan para Ketua RT.

Camat Sawah Besar Prasetyo mengatakan, kerja bakti di lingkungan RW 05 Kelurahan Pasar Baru tidak hanya melakukan gerebek lumpur saja tetapi ada juga perbaikan atau penambalan jalan yang rusak di sepanjang Jalan Pintu Besi.

"Kerja bakti di wilayah Pasar Baru tidak hanya melakukan gerebek lumpur saja, tapi ada juga perbaikan jalan untuk memberi rasa nyaman aman bagi pengendara kendaraan bermotor," kata Prasetyo, di sela-sela peninjaun kerja bakti. Minggu (5/12).

Di sisi lain Prasetyo menuturkan, memasuki musim penghujan yang diperkirakan curah hujan yang cukup tinggi, untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi banjir atau genangan.

"Selain kerja bakti yang dilakukan setiap hari minggu, para petugas Kelurahan Pasar Baru juga melaksanakan gerebek lumpur setiap hari baik yang dilakukan oleh PPSU maupun SDA dan warga masyarakat," ujarnya.

"Mudah-mudahan dengan segala upaya yang sudah dilakukan ini, RW 05 khususnya dapat mengurangi adanya genangan atau banjir," tambahnya.

Sementara itu, Lurah Pasar Baru Arby Novianto menjelaskan, kerja bakti gerebek lumpur ini dipusatkan pada lingkungan RW 05, mengingat di Jalan Pintu Besi I masih ada genangan.

Menurutnya. genangan itu diakibatkan masih ada lumpur saluran mikro di jalan tersebut yang belum terangkut.

"Hari ini kita tuntaskan bersama lintas sektoral. Selain melakukan pengurasan saluran para petugas juga melakukan perbaikan jalan yang rusak akibat tergerus air hujan, pemangkasan pohon, pembenahan trotoar, mengangkut sampah rumah tangga, dan lain sebagainya," ungkapnya.

"Saya berdoa, semoga apa yang telah diupayakan ini, mudah-mudahan RW 05 tidak ada genangan lagi," tandasnya.