28 Ibu Hamil di Gambir Sudah Menjalani Vaksinasi Covid-19

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Camat Gambir Fauzi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pencanangan vaksinasi bagi Ibu hamil di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di wilayah kota DKI Jakarta telah berlangsung sejak Rabu (18/8).

Program tersebut berlaku setelah keluarnya Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Di wilayah Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat sudah ada 28 ibu hamil telah menjalani vaksinasi.

"Alhamdulillah, vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di wilayahnya sudah berjalan yang akan digelar setiap hari Kamis, dengan menggunakan vaksin Sinovac," kata Fauzi saat dikonfirmasi, Jumat (20/8).

"Bagi ibu hamil yang ingin menjalani vaksinasi Covid-19 cukup datang ke Puskesmas Kecamatan, tentunya diawali dengan periksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum dilakukan suntik vaksin oleh tenaga kesehatan Puskesmas," jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Gambir Ratna menambahkan, tim tenaga kesehatan (nakes) sudah siap melayani vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

"Yang boleh divaksin usia kehamilan 12 minggu atau tiga bulan. Pemberian vaksinasi bagi ibu hamil bertujuan supaya ibu dan anak yang di dalam kandungan terlindungi serta mengantisipasi terpapar Covid-19," tandas Ratna.