Ada Sumur Resapan, Genangan Air di CPT Satu Jam Langsung Surut

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Salah satu sumur resapan di wilayah Cempaka Putih Timur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Setelah dibangunnya sumur resapan di wilayah RW 06, Kelurahan Cempaka Putih Timur (CPT), Cempaka Putih, Jakarta Pusat, jika terjadi hujan deras atau lebat yang mengakibatkan genangang air dalam satu jam langsung surut.

Ketua RW 06 Lukman Sarah mengatakan, di wilayah ini jika terjadi hujan lebat genangan air mulai terlihat  hingga 70 cm. Namun dengan adanya sumur resapan dalam satu jam langsung surut, air turun ke sumur resapan.

"Alhamdulillah, dengan adanya sumur resapan sekarang wilayah kami genangan airnya langsung surut. Kami sangat senang dan menguncapkan banyak terima kasih kepada gubernur yang telah mengatasi genangan air dikala hujan lebat," jelas didampingi Ketua RT 07/06 Zakaria Nasution ditemui di Jalan Cempaka Tengah 20 B. 

Lukman menuturkan, sumur resapan yang dibuat Sudin SDA Jakarta Pusat kedalamannya 2 sampai 3 meter dipermukaan di bawahnya tersebut ada pipa masuk ke dalam ± 20 sampai 22 meter, ini yang menyebabkan genangan air di lingkungan RW 06 langsung terserap atau mengalir ke sumur resapan.

"Adanya sumur serapan sangat membantu sekali dalam penanganan genangan. Kami berterima kasih sekali kepada Gubernur DKI Jakarta yang telah peduli terhadap warga sehingga sekarang rumah warga tidak ada lagi genangan," ucapnya.

Lukman mengungkapkan bahwa di wilayahnya ada 19 lobang sumur resapan dibuat SDA yang tersebar di RT 03 dan RT 07.

Sementara itu, Warga RT 03/06 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Wibowo menambahkan, keadaan sumur resapan di sini cukup baik. Dulu sebelum ada sumur resapan sering terjadi genangan saat hujan deras dan surutnya sangat lama bisa 3 sampai 4 jam karena menunggu antrian air. Tinggi genangan bervariasi mulai 30 sampai 70 cm.

"Setelah adanya sumur resapan, walaupun ada genangang namun dalam waktu satu jam sudah surut dari lingkungan kita," kata Wibowo.

"Saya berharap, kalau bisa sumur resapan di wilayahnya ditambah, dan sumur resapan yang sudah ada tetap dirawat karena sangat membantu warga di sini," ujarnya.

Di tempat yang sama, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengatakan, di wilayahnya ada enam titik lokasi genangan air saat hujan deras berada di Jalan Cempaka Putih Tengah Raya, Jalan Lentjen Suprapto, Jalan Ahmad Yani di depan Patra dua, Jalan Ahmad Yani depan Gudang Garam atau Transmart, Jalan Putih Tengah Raya depan wisma Maros dan Jalan Cempaka Putih Timur lima dengan ketinggian air bervariasi yaitu antara 30 sampai 70 cm.

"Untuk mengantisipasi genangan di wilayahnya, pihaknya bersama kecamatan melakukan evaluasi dan dimonitor oleh Pemkot Jakpus yakni dengan membuat sumur resapan yang dimulai sejak tahun 2020 hingga 2021 yang dilaksanakan oleh Sudin SDA Kecamatan melaksanakan pembangunan sumur resapan di titik terendah seperti yang kami sebutkan di atas," jelasnya.

Shinta menambahkan, ada 130 lobang sumur serapan yang tersebar di enam titik lokasi genangan. Alhamdulillah jika  hujan deras akhir-akhir ini di wilayah Kelurahan Cempaka Putih di enam titik rawan genangan sudah tidak ada lagi, karena begitu terjadi genangan dalam satu jam genangan langsung surut.

“Sering warga kami mengungkapkan dengan memberikan surat pernyataan kepada Sudin SDA ucapan terima kasih maupun statement terkait keberadaan sumur resapan yang dianggap sangat efektif mengatasi genangan,”  imbuhnya.