Antisipasi Dampak Musim Hujan, Pemkot Hidupkan Kembali Lumbung Pangan Kelurahan

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Andreas Pamakayo

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melakukan berbagai upaya sebagai bagian dari persiapan dan antisipasi dampak musim penghujan yang berpotensi menimbulkan banjir di titik-titik rawan.

Salah satunya adalah dengan menghidupkan kembali lumbung pangan kelurahan yang sebelumnya dimanfaatkan sebagai cadangan logistik pangan selama pandemi Covid-19.

"Biasanya pada musim penghujan yang berdampak itu pasti kita siapkan tempat pengungsian. Pastikan logistik tersedia, tidak hanya dari Sudin Sosial tapi juga dari berbagai kolaborator dan sekarang kita hidupkan kembali lumbung pangan kelurahan," ucap Dhany saat Apel Persiapan Musim Penghujan, Selasa (5/10).

Dhany melihat lumbung pangan kelurahan saat ini banyak yang tidak berfungsi. Padahal menurutnya, saat musim menghadapi bencana kebutuhan akan pangan itu sangat tinggi.

"Setidaknya ketika Sudin Sosial itu belum datang, maka lumbung pangan kelurahan bisa berperan dalam rangka mengantisipasi (kebutuhan pangan). Kita galang kolaborasi dengan berbagai stakeholders agar ikut bagian ketika itu terjadi. Setelah itu baru kita akan berbicara masalah recovery-nya," ungkap Dhany.

Dalam kesempatan tersebut, Dhany juga meminta pihaknya untuk terus meningkatkan koordinasi maupun kesiapan sarana prasarana, termasuk kesiapan personil mitigasi bencana.

"Kita implemantasikan tidak hanya jajaran di pemerintah, tetapi juga di seluruh jajaran LMK, RW, RT, dan FKDM. Mari kita bekerja sama untuk mengantisipasi penanganan banjir," tutupnya.