Antispasi Varian Baru Covid-19, Sudinkes Minta Warga Tetap Patuhi Prokes

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Kasudinkes Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari. Foto: Zak

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna mengantisipasi varian baru virus Corona atau Covid-19, seperti yang terjadi di India beberapa waktu lalu.

Menurutnya, meski belum ada temuan maupun laporan kasus virus Corona varian baru ini di wilayah Jakpus, namun warga harus tetap berhati-hati, serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Ya saya pikir. Poin penting kita semua sama yaitu protokol kesehatan harus di jalankan, itu antisipasinya," kata Erizon Safari, usai rapat koordinasi penanganan Covid-19, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (10/5).

Erizon menjelaskan virus varian baru itu hingga saat ini tengah diteliti lebih jauh sebab, belum ada alat yang bisa mendeteksi jenis varian baru virus Covid-19 ini. Bahkan dengan test PCR sekalipun belum bisa mendeteksi Covid-19 varian baru ini.

Termasuk vaksinasi untuk virus Covid-19 varian baru ini. Meski demikian, Erizon memastikan akan tetap melakukan antisipasi guna mencegah penularan di wilayah Jakarta Pusat.

"Di PCR pun belum terdeteksi, kita masih tahap pemeriksaan genom skuensing (uji DNA), itu masih membutuhkan waktu dan sumber daya yang mahal. Tentu kita antisipasi agar tidak terjadi penularan," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL