Apel Persiapan Musim Hujan, Wali Kota Minta Cermati Seluruh Saluran dan Pompa Air

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Apel Persiapan Musim Penghujan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (5/10). Foto: Berlian Sigit

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meminta jajaran terkait untuk mengecek seluruh sarana dan prasarana sebagai persiapan sekaligus antisipasi dampak dari musim penghujan.

"Ada beberapa hal yang harus kita antisipasi bersama. Terkait dampak musim hujan biasanya akan timbul genangan-genangan," ucap Dhany dalam arahannya saat memimpin Apel Persiapan Musim Penghujan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (5/10).

Terjadinya genangan, menurut Dhany disebabkan karena adanya aliran yang tersumbat dan ada ketinggian yang tidak seimbang, sehingga perlu dilakukan berbagai rekayasa untuk mengatasi hal tersebut.

Dhany menginstruksikan agar jajaran terkait untuk mencermati dengan baik fenomena-fenomena yang terjadi pada titik-titik rawan tersebut.

"Yang harus kita perhatikan adalah saluran-saluran air baik yang PHB maupun kali-kali besar. Minimal kita yakinkan bahwa saluran-saluran itu bersih lancar tidak ada penyumbatan. Kemudian pompa-pompa air pastikan semua dapat berfungsi dengan baik, karena untuk mengangkat air perlu ada daya sedot yang tinggi," pungkasnya.