Bina Marga Kecamatan Menteng Mempercantik Jembatan Raden Saleh

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas Bina Marga Kecamatan Menteng memperbaiki Jembatan Raden Saleh. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jembatan Raden Saleh bersebelahan dengan Masjid Al-Makmur, Kelurahan Cikini yang keduanya mempunyai nilai warisan budaya dan sejarah diperbaiki dan dipercantik oleh Sudin Bina Marga Kecamatan Menteng.

Kasatpel Bina Marga Kecamatan Menteng Bogi Widiatmaji mengatakan, dalam perbaikan jembatan ini berkolaborasi dengan Bina Marga Kecamatan Senen, mengingat posisi jembatan tersebut berbatasan dengan wilayah Kecamatan Senen.

"Pemeliharan jembatan yang membentang sepanjang di atas Kali Ciliwung tersebut meliputi perbaikan lonengan (parapet) dan restrorasi cat railing jembatan. Hal ini dilakukan agar jembatan menjadi lebih cantik dan indah," kata Bogi saat dikonfirmasi, Rabu (15/12).

Lebih lanjut Bogi menuturkan, dalam pengerjaan Jembatan Raden Saleh melibatkan 12 personel dari petugas Bina Marga Kecamatan Menteng dan Kecamatan Senen dengan menggunakan konsep warna natural material yang digunakan untuk mengembalikan warna seperti aslinya.

Bogi menambahkan, panjang Jembatan Raden Saleh yang diperbaiki sepanjang 31 meter, panjang lonengan 3 meter dan tinggi 1 meter. Pengerjaan itu sendiri sudah dilakukan sejak 13 Desember 2021 lalu dan target penyelesain seminggu (tujuh hari) ke depan sampai saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 25%.

"Pemeliharaan jembatan dan lonengan yang dilakukan selain untuk mengembalikan kebentuk aslinya juga untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi pejalan kaki yang melintas di jembatan tersebut," tandasnya.